Waspada! Kenali Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

03 Mar 2023
Waspada! Kenali Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

#BeautyHaulSquad pernah mengalami kulit dehidrasi? Kulit dehidrasi sering menjadi masalah utama saat merawat kulit. Kondisi ini terjadi saat kulit kekurangan air yang membuat kulit kusam dan kering. Penyebab kulit dehidrasi di antaranya adalah kekurangan asupan air, lingkungan panas dan kering, rusaknya lapisan pelindung kulit seperti terlalu sering eksfoliasi hingga menggunakan skincare yang terlalu keras dan membuat kulit iritasi.

 

Perlu diketahui kalau kulit dehidrasi berbeda dengan kulit kering, lho. Kulit kering merupakan kondisi genetik yang membuat lapisan kulit teratas cenderung sulit mempertahankan kelembapan alaminya. Sedangkan kulit dehidrasi dipicu oleh pengaruh luar tubuh, bahkan seringkali bisa dicegah dengan memperbaiki lifestyle.

 

Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi

Ciri-ciri kulit dehidrasi bisa terbilang mirip dengan kulit kering. Biar kamu bisa membedakannya, kamu perlu tahu perbedaannya. Berikut ciri-ciri kulit dehidrasi:

 

1. Kulit Kusam

Saat kulit mengalami dehidrasi, lapisan luar sel kulit mati menjadi rusak dan dibiarkan menumpuk di kulit. Karena itu, tampilan kulit jadi keabu-abuan dan membuat kulit kusam.

 

2. Muncul Kerutan dan Garis-Garis Halus

Kalau di kulit kamu mulai terdapat kerutan, bisa jadi itu bukanlah tanda-tanda penuaan. Mungkin sebenarnya kulit kamu sedang mengalami dehidrasi. Saat kulit kehilangan kadar air, maka akan mengerut, kurang elastis dan tampak tidak segar.

 

3. Berminyak Namun Terasa Kering

Kulit dehidrasi pada dasarnya punya daya serap kelembapan yang tidak memadai. Saat kulit kehilangan kelembapan, maka kulit akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk menyeimbangkan semuanya dan mencoba menciptakan penghalang supaya kadar air tidak hilang. Karena itu lah terdapat bercak kulit kering dengan lapisan minyak di atasnya.

 

4. Terasa Gatal atau Bersisik

Salah satu penyebab kulit dehidrasi adalah kekurangan cairan pada tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan kulit terasa kasar, gatal, dan bersisik. Penyebab lainnya biasanya karena pergantian cuaca ekstrem atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC.



Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi

Jangan biarkan kulit dehidrasi mengganggu aktivitas dan kulit sehatmu. Kamu perlu tahu cara mengatasi kulit dehidrasi. Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

 

1. Pakai Face Wash yang Lembut

Kamu diwajibkan memakai cleanser yang lembut dan menghidrasi. Bersihkan wajah secara merata dengan gerakan lembut dan pelan. Berhati-hatilah untuk tidak terlalu sering membersihkan wajah karena justru bisa membuat kulit semakin kering dan dehidrasi.

 

REKOMENDASI PRODUK

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp129.539

Rp103.631

 

Ukuran: 125 mL

Kandungan utama: Propylene Glycol

Jenis kulit: Semua jenis kulit



2. Jaga Kelembapan Kulit

Pakai pelembap tentunya salah satu cara mengatasi kulit dehidrasi. Pilihlah pelembap yang bisa mengunci kelembapan hingga menjaga skin barrier kulitmu. Tidak bisa dipungkiri kalau memakai pelembap yang tepat, terutama di malam hari, bisa menghasilkan keajaiban untuk kondisi kulit yang sedang dehidrasi!

 

REKOMENDASI PRODUK

Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp169.000

 

Ukuran: 25 mL

Kandungan utama: Marine Collagen, Palmitoyl Tripeptide, Sodium Hyaluronate, Ceramide

Jenis kulit: Semua jenis kulit

Skin concern: Anti aging, brightening



3. Gunakan Masker yang Menghidrasi

Kamu bisa tingkatkan hidrasi kulit dengan masker yang bisa menghidrasi dan melembapkan. Masker yang menghidrasi bisa membantu merawat kulit, menjaga kelembaban serta menjaga lapisan pelindung sehingga dapat menahan kelembaban agar tidak merembes keluar.

 

REKOMENDASI PRODUK

Skintific 5X Ceramide Soothing Sheet Mask

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp27.750

Rp23.600

 

Kandungan utama: Ceramide, Ectoin, Tremella



4. Aplikasikan Skincare yang Mengandung Hyaluronic Acid

Kamu bisa atasi kulit dehidrasi dengan memakai produk skincare yang mengandung hyaluronic acid. Kandungan ini berguna untuk menarik dan mempertahankan kelembapan, serta membuat kulit terasa lembut dan kenyal kembali. Tentunya kamu bisa pilih skincare yang terdapat hyaluronic acid mulai dari toner, pelembap, serum, dan lainnya.

 

REKOMENDASI PRODUK

Somethinc Supple Power Hyaluronic 9 + Onsen Essence Toner

CEK HARGA TERMURAH DI SINI

Rp89.000

 

Ukuran: 40 mL

Kandungan utama: Onsen Belgium Hot Spring Water & Hyaluronic Acid

Jenis kulit: Semua jenis kulit

Skin concern: Anti aging, brightening, pore care



5. Perbanyak Minum Air Putih

Selain melakukan perawatan kulit yang benar, cara mengatasi kulit dehidrasi yang paling utama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Sebaiknya segera minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari, siang hingga malam juga penting untuk menjaga asupan cairan yang masuk ke tubuh untuk menghindari dehidrasi.



Itu lah ciri-ciri kulit dehidrasi dan cara mengatasinya. Jadi, buat #BeautyHaulSquad yang saat ini lagi mengalami kulit dehidrasi tetap tenang, ya! Selain merawat kulit dengan tepat, kamu juga perlu menyeimbangkannya dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Semua rekomendasi produk di atas bisa kamu dapatkan secara online dengan mudah di website BeautyHaul.com.

 

Biar gak ketinggalan, follow media sosial BeautyHaul untuk tahu berbagai promo, giveaway, diskon, dan penawaran menarik lainnya. Belanja juga sebanyak-banyaknya dan kumpulkan loyalty points agar kamu bisa menggunakannya kembali di pembelian selanjutnya supaya kamu bisa lebih hemat!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping