Beauty In One Click

Wajib Tahu, Ini 3 Jenis Moisturizer Wajah dan Rekomendasi Produknya

26 Aug 2022
Wajib Tahu, Ini 3 Jenis Moisturizer Wajah dan Rekomendasi Produknya

Moisturizer kerap disebut sebagai jenis skincare yang tidak boleh dilewatkan. Alasannya, moisturizer berfungsi untuk melembabkan sekaligus mengunci seluruh rangkaian skincare yang telah diaplikasikan. Namun, tahukah #BeautyHaulSquad bahwa sebenarnya ada banyak jenis moisturizer yang bisa kamu pilih?

Ya, pada dasarnya ada tiga jenis moisturizer yang umum digunakan, yakni emollient, humektan, dan occlusive. Ketiga jenis pelembap wajah itu memiliki fokus dan tujuan yang berbeda. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak informasi di bawah ini baik-baik, ya.

 

 

Jenis Moisturizer Wajah

 

1. Emollient

Kamu punya kulit yang sangat kering hingga mengelupas, bersisik, pecah-pecah, dan gatal? Kalau begitu, kulitmu membutuhkan moisturizer emollient. Jenis moisturizer yang satu ini sangat cocok untuk kulit yang membutuhkan kelembapan ekstra.

Pasalnya, emollient bekerja dengan cara mengisi celah di antara sel-sel kulit yang kehilangan lipid pelembap. Setelah menggunakan pelembap dengan emollient, kulitmu akan terasa lebih lembap, lembut, dan kenyal. Namun, hidrasi yang dihasilkan biasanya tidak terlalu lama.

 

Umumnya, jenis pelembap wajah emollient berbasis minyak atau oil-based. Adapun beberapa bahan utama yang biasa digunakan antara lain jojoba oil, shea butter, sunflower seed oil, rosehip, vegetable oil, dan argan oil. 

Ada juga moisturizer emollient yang menggunakan bahan collagen, ceramides, stearic acid, dan colloidal oatmeal.

Hampir semua pelembap emollient termasuk dalam moisturizer untuk kulit kering. Bahkan, produk lipstik sekalipun bisa mengandung emollient untuk melembapkan bibir, lho! Berikut beberapa rekomendasi moisturizer emollient dari beberapa brand seperti Bhumi, Bio Beauty Lab dan Bloomka yang bisa kamu coba!

 

 

Rekomendasi moisturizer emollient:

 

 

Lihat Bhumi Multi Targeted All Natural Adoring Face Oil di sini



 

Lihat Bio Beauty Lab Luxurious Face Oil di sini

 

 

Lihat Bloomka Bakuchiol + Grapeseed Anti Acne Facial Oil di sini



 

2. Humektan

Nah, bagi #BeautyHaulSquad yang punya kulit berminyak, berjerawat, dan kombinasi, kamu bisa memilih jenis moisturizer humektan. Moisturizer yang satu ini terbilang lebih ringan karena berbahan dasar air. Jadi, teksturnya lebih ringan dan mudah menyerap ke kulit.

Berbeda dengan emollient, humektan bekerja secara aktif dengan cara mengikat air dari udara di sekitarmu dan menempelkannya pada sel-sel kulit agar kulit tetap terhidrasi. Kemudian, emollient membantu mengunci kelembapan kulitmu.

 

Secara alami, sebenarnya kulit juga memproduksi humektan yang disebut natural moisture factors (NMFs). Humektan alami ini dapat menahan air sehingga akan menjaga tingkat kelembaban kulit.

Namun, kamu tetap membutuhkan humektan tambahan dalam pelembap wajah. Biasanya, humektan tersebut hadir dalam bahan-bahan ceramides, hyaluronic acid, glycerin, alpha-hydroxy acids, asam amino (urea), madu, dan lidah buaya.

 

Berikut beberapa rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak, moisturizer untuk kulit berjerawat, dan moisturizer untuk kulit kombinasi yang bisa kamu pilih dari brand Somethinc, Dear Me Beauty dan Avoskin.

 

Rekomendasi moisturizer humektan:

 

 

Lihat Somethinc Supple Power di sini



Lihat Dear Me Beauty Overnight Renewal Water Cream di sini



 

Lihat Produk Avoskin di sini

 

 

3. Occlusive

Jenis moisturizer occlusive juga cocok digunakan pada kulit yang kering dan dehidrasi. Mengapa? Pasalnya, moisturizer occlusive bekerja dengan cara memberikan lapisan pelindung untuk mencegah berkurangnya kadar air pada kulit. 

Artinya, pelembap occlusive dapat mengunci kelembapan kulit, bahkan dapat mencegah penguapan air hingga 98%. Itulah mengapa jenis pelembap wajah yang satu ini dapat memberikan kelembapan yang lebih tahan lama.

 

Umumnya, moisturizer occlusive hadir dalam bentuk balm yang tebal, lengket, dan greasy. Maka dari itu, moisturizer ini tidak digunakan di seluruh wajah, melainkan di bagian-bagian tubuh tertentu seperti siku, bibir, lutut, dan bagian kulit lainnya yang sangat kering.

Beberapa bahan yang sering digunakan pada moisturizer untuk kulit kering ini antara lain petroleum jelly, wax, lanolin, paraffin, olive oil, dan cocoa butter.

 

Rekomendasi moisturizer occlusive:



Lihat Bio-Oil Gel Kulit Kering di sini



 

Lihat Vaseline Petroleum Jelly di sini



 

Lihat Sensatia Botanicals Wunderbalm di sini



Demikian tiga jenis moisturizer paling umum, yakni emollient, humektan, dan occlusive. Ketiganya memiliki kelebihannya masing-masing. Jadi, kamu bisa memilih moisturizer yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu, ya.

Tak perlu bingung, kamu bisa menemukan beragam produk moisturizer terbaik di BeautyHaul, bahkan moisturizer untuk kulit sensitif sekalipun! BeautyHaul menyediakan banyak sekali pilihan pelembap wajah yang 100% BPOM & Authentic. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan keamanannya, deh! 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping