12 Cara Meratakan Tekstur Kulit Wajah Secara Alami Agar Lebih Halus

10 Nov 2021
cara mengatasi tekstur kulit wajah yang tidak rata

Memiliki wajah yang terlihat halus serta lembut tentunya menjadi impian bagi banyak wanita karena bisa menunjang penampilan dan membuat seseorang merasa lebih percaya diri. 

 

Penyebab tekstur kulit tidak bisa merata biasanya disebabkan oleh jerawat, komedo, dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit sehingga menyebabkan wajah kusam dan lebih gelap.

 

Oleh karena itu, berikut beberapa cara meratakan tekstur kulit wajah secara alami yang bisa dilakukan dari rumah.

 

1. Lakukan Eksfoliasi Kulit Secara Rutin

Tekstur kulit wajah yang kasar dan tidak merata umumnya paling banyak disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Tidak hanya membuat kulit terlihat kasar, sel kulit mati yang menumpuk juga bisa membuat wajah tampak lebih kusam. 

 

Untuk mengatasinya, #BeautyHaulSquad perlu melakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Lakukan eksfoliasi cukup 1 atau 2 sampai 3 kali seminggu agar kulit tidak kering.

 

2. Gunakan Serum Vitamin C

Serum wajah yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan bagi mereka yang bermasalah dengan tekstur kulit. 

 

Dengan kandungan tersebut, maka tekstur wajah akan menjadi lebih halus dan terasa kenyal, sebab vitamin C mampu berperan sebagai antioksidan. 

 

Tidak sampai disitu saja, vitamin C juga bisa membantu menghilangkan bintik hitam di wajah dan mencerahkannya.

 

3. Aplikasikan Sunscreen

Tekstur kulit dan ukuran pori-pori bisa berubah tidak merata apabila kulit terpapar sinar matahari secara terus-menerus dalam waktu lama. 

 

Maka dari itu, sangat penting untuk mengaplikasikan sunscreen sebagai cara meratakan tekstur kulit wajah. 

 

Untuk mendapatkan proteksi yang optimal, sebaiknya gunakan sunscreen yang mengandung minimal SPF 30.

 

4. Gunakan Chemical Peel

Untuk mengatasi masalah tekstur kulit tidak merata lantaran penumpukan sel kulit mati, #BeautyHaulSquad bisa memanfaatkan chemical peel sebagai salah satu cara efektif untuk mengikis sel kulit mati di permukaan wajah. 

 

Penggunaan chemical peel secara rutin ini nantinya juga akan membantu membuat wajah yang kusam kembali terlihat lebih cerah.

 

Baca jugaMengenal Perbedaan Peeling dan Facial Wajah Serta Efeknya

 

5. Rutin Membersihkan Wajah

Tekstur wajah yang tidak rata bisa juga diakibatkan oleh bekas makeup maupun debu yang tidak dibersihkan sepenuhnya. Tidak hanya membuat tekstur wajah menjadi kasar, tumpukan kotoran tersebut juga akan membuat munculnya jerawat hingga bruntusan. 

 

Untuk mengatasinya, #BeautyHaulSquad perlu membersihkan wajah dengan rutin. Lakukan double cleansing agar pembersihannya optimal.

 

6. Gunakan Pelembab

Pelembab wajah atau moisturizer sangat dibutuhkan apabila #BeautyHaulSquad menghendaki permukaan kulit wajah yang halus dan lembut. Sebab moisturizer ini berperan besar dalam mengembalikan protein keratin yang dibutuhkan supaya kulit tetap lembab. 

 

#BeautyHaulSquad bisa mencoba menggunakan beberapa rekomendasi pelembab wajah berikut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

7. Gunakan Face Oil

Untuk mengembalikan minyak alami pada kulit dan membuatnya tetap lembab, #BeautyHaulSqua juga bisa mengaplikasikan face oil di samping moisturizer sebagai cara yang efektif dalam meratakan tekstur kulit wajah. 

 

Face oil ini akan mencegah wajah terhindar dari kekeringan, mengingat bahwa kondisi tersebut biasanya yang paling umum muncul pada tekstur kulit yang rusak.

 

Sebagai solusinya, #BeautyHaulSquad bisa mengaplikasikan face oil tersebut pada area tertentu yang bermasalah, misalnya pada area yang berkomedo atau bruntusan, karena kedua hal tersebut biasanya paling sering membuat wajah terasa kasar.

 

8. Rutin Menggunakan Masker

Tidak hanya rutin melakukan eksfoliasi, namun #BeautyHaulSquad juga harus rutin menggunakan masker wajah jika ingin mendapatkan kulit yang lembut dan teksturnya rata. 

 

Bahkan bisa dibilang bahwa masker ini merupakan salah satu kunci untuk memperoleh kulit halus. 

 

9. Jangan Terlalu Sering Mengganti Sabun Wajah

Sejauh ini, apakah #BeautyHaulSquad sudah berkali-kali berganti sabun cuci muka? Jika jawabannya iya, mungkin itulah salah satu penyebab kenapa tekstur kulit #BeautyHaulSquad tidak rata. 

 

Cara meratakan tekstur kulit wajah di saat seperti ini yaitu istirahatkan kulit dengan menggunakan sabun berbahan minimalis. Selain itu, pastikan #BeautyHaulSquad menggunakan sabun muka maksimal 2 kali dalam sehari agar kulit tidak cepat kering.

 

Baca juga: Cara Aman Ganti Sabun Muka dan Mengenali Efek Sampingnya

 

10. Menguapi Wajah

Meski jarang diketahui oleh banyak orang, nyatanya menguapi wajah bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti membersihkan pori kulit, melancarkan peredaran darah, meningkatkan produksi kolagen, dan elastin.

 

11. Hindari Mengkonsumsi Rokok dan Alkohol

Selain tidak bagus untuk kesehatan, rokok dan alkohol juga bisa membawa pengaruh yang buruk bagi kulit #BeautyHaulSquad. 

 

Karena kedua bahan tersebut bisa mengganggu fungsi hati yang berperan menghilangkan racun berbahaya. Alhasil elastisitas kulit pun bisa berkurang, bahkan memicu terjadinya penuaan dini.

 

12. Mengatur Pola Makan

Cara meratakan tekstur kulit wajah selanjutnya yaitu dengan mengatur pola makan. Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi memang sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan kulit.

 

Rekomendasi Produk Skincare untuk Memperbaiki & Menghaluskan Tekstur Kulit Wajah

Bagi #BeautyHaulSquad yang ingin memperbaiki tekstur kulit wajah agar lebih lembut dan sehat, bisa menggunakan beberapa produk skincare berikut ini.

 

Itulah beberapa cara yang bisa #BeautyHaulSquad lakulukan untuk mengatasi tekstur kulit wajah yang tidak rata. Diperlukan kesungguhan dari diri sendiri untuk melakukan berbagai cara di atas dengan rutin, supaya mendapat hasil yang optimal.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping