Kenali Jenis Eksfoliasi, Apakah Aman untuk Semua Tipe Kulit?

18 Jan 2023
Kenali Jenis Eksfoliasi, Apakah Aman untuk Semua Tipe Kulit?

 

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa perawatan kulit cukup dengan mengaplikasikan pelembap hingga sunscreen. Namun, tentu saja itu tidak cukup untuk membuat kulitmu sehat dan terawat. Nah, salah satu skincare routine yang tidak boleh ketinggalan yaitu eksfoliasi. Eksfoliasi wajah adalah proses mengangkat sel kulit mati pada lapisan terluar kulit.

 

Mengapa Eksfoliasi Wajah Diperlukan?

 

Kulit kita akan menghasilkan jutaan sel kulit mati setiap harinya. Kalau tidak dibersihkan, sel kulit mati akan menumpuk dan bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit, lho. 

 

Manfaat eksfoliasi adalah membantu mengelupas lapisan kulit mati yang menumpuk, mencerahkan warna kulit, menstimulasi produksi kolagen yang bisa membuat kulit jadi lebih lembap dan halus secara alami, mencegah munculnya jerawat akibat kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Bukan hanya itu, manfaat eksfoliasi lainnya adalah mampu meminimalkan risiko penuaan dini hingga meremajakan kulit, lho.

 

Jenis Eksfoliasi Wajah

 

Ada dua jenis eksfoliasi wajah yang paling populer, yaitu eksfoliasi fisik (scrubbing) dan eksfoliasi kimia (chemical peeling).

 

1. Eksfoliasi Fisik (Scrubbing)

 

Jenis eksfoliasi fisik atau scrubbing merupakan proses pengelupasan kulit mati menggunakan objek dengan permukaan yang tidak rata seperti scrub, shower puff, sikat halus, loofah. Manfaat eksfoliasi fisik adalah untuk mencegah munculnya jerawat, komedo, serta pori-pori yang tersumbat. Karena teksturnya yang tidak rata ini, eksfoliasi fisik tidak disarankan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif atau cenderung berjerawat.

 

Tidak perlu ke klinik kecantikan, eksfoliasi fisik atau scrubbing ini bisa dilakukan secara mandiri. Namun, perlu diingat untuk menghindari menekan scrub terlalu keras pada kulit. Hal tersebut bisa membuat kulit menjadi iritasi, kemerahan, dan perih.

 

REKOMENDASI PRODUK EKSFOLIASI FISIK

 

Freeman Indonesian Coconut Face Scrub

HARGA TERMURAH FACE SCRUB FREEMAN DI SINI

Rp97.800

Rp83.130

 

Ukuran: 175ml

Kandungan utama: Coconut, Sugar



Azarine Fresh Radiant Brightening Scrub

HARGA TERMURAH FACE SCRUB AZARINE DI SINI

Rp32.500

Rp26.000

Ukuran: 50gr

Kandungan utama: AHA, BHA, PHA

Jenis kulit: Kulit berminyak

Skin concern:: Acne free, anti-aging, brightening, pore care



2. Eksfoliasi Kimia (Chemical Peeling)

 

Jenis eksfoliasi selanjutnya adalah eksfoliasi kimia atau chemical peeling. Sesuai dengan namanya, chemical peeling menggunakan bahan kimia untuk memperbaiki tekstur kulit dengan cara mengangkat lapisan kulit paling atas. Manfaat eksfoliasi kimia antara lain untuk meremajakan kulit, mengatasi kerutan, tekstur kulit yang tidak rata, hingga memulihkan kulit wajah yang luka

 

Perlu diketahui bahwa kamu tidak boleh melakukan eksfoliasi kimia sendiri. Perlu dilakukan oleh tenaga profesional seperti dokter spesialis kulit. Walaupun begitu, BeautyHaul Squad tetap boleh menggunakan produk eksfoliasi yang mengandung bahan kimia eksfoliator yang aman digunakan seperti AHA, BHA, PHA.

 

REKOMENDASI PRODUK EKSFOLIASI KIMIA

 

Some By Mi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner

HARGA TERMURAH TONER SOME BY MI DI SINI

Rp420.000

Rp336.000

 

Ukuran: 150ml

Kandungan utama: AHA, BHA, PHA

Jenis kulit: Semua jenis kulit

Skin concern:: Acne free, anti-aging, brightening, pore care

 

 

Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution

HARGA TERMURAH PEELING SOMETHINC DI SINI

Rp115.500

 

Ukuran: 20ml

Kandungan utama: AHA, BHA, PHA

Jenis kulit: Semua jenis kulit

Skin concern:: Acne free, anti-aging, brightening, pore care



Frekuensi Eksfoliasi yang Disarankan Sesuai Jenis Kulit

 

Proses eksfoliasi memang bermanfaat untuk mengurangi kulit kusam, namun eksfoliasi tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Frekuensi eksfoliasi juga tergantung dari jenis kulit kamu. Yuk, simak di bawah ini untuk mengetahui frekuensi yang tepat untuk eksfoliasi sesuai dengan jenis kulit.

 

1. Kulit Kering

 

Eksfoliasi yang disarankan untuk tipe kulit ini adalah 1-2 kali setiap minggu. Namun, BeautyHaul Squad perlu memerhatikan bahwa pemakaian produk eksfoliasi yang keras dan terlalu sering dapat membuat kulit iritasi.

 

2. Kulit Berminyak dan Berjerawat

 

Waktu eksfoliasi yang disarankan kulit berminyak atau berjerawat adalah 2-3 kali seminggu. Pilihan produk eksfoliasi yang disarankan adalah eksfoliator kimia dengan kandungan asam salisilat karena kandungan ini mampu menyerap minyak sehingga mengurangi sebum berlebih pada wajah.

 

3. Kulit Normal atau Kombinasi

 

Kulit kombinasi merupakan gabungan dari jenis kulit berminyak dan kering pada area wajah tertentu. Frekuensi eksfoliasi untuk jenis kulit ini direkomendasikan sebanyak 2-3 kali per minggu.

 

4. Kulit Sensitif

 

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, disarankan melakukan eksfoliasi cukup 1 kali seminggu saja. Lebih aman jika menggunakan eksfoliasi enzim buah-buahan seperti nanas dan pepaya.

 

5. Mature Skin (>40 tahun)

 

Mature skin atau kulit matang adalah kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, keriput, dan flek hitam. Eksfoliasi kulit wajah untuk jenis kulit ini dapat dilakukan 2 kali seminggu dengan menggunakan eksfoliasi kimia.

 

Pada umumnya, eksfoliasi wajah terbolang aman dan memiliki banyak manfaat untuk kulit. Tapi, harus dilakukan dengan cara yang aman agar kulit bisa mendapatkan manfaatnya dan membeli produk eksfoliasi original serta terjamin kualitasnya. Yuk, temukan produk eksfoliasi terbaik di BeautyHaul!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping