Mengenal Jenis-jenis Serum Wajah Beserta Fungsinya untuk Kulit

09 Nov 2021
jenis jenis serum wajah

Dalam daily routine skincare, serum wajah menjadi salah satu komponen penting dalam mencapai skin goals yang kalian ingin capai. Bagi pemula skincare, tentu masih bingung apa itu serum wajah dan apa fungsi serum wajah? Sehingga wajib masuk dalam daily routine skincare.

 

Serum wajah merupakan salah satu produk skincare yang diformulasi secara khusus dengan kandungan bahan aktif yang sudah disesuaikan dengan masalah kulit kamu. 

 

Saat ini ada banyak sekali jenis serum wajah yang beredar dengan beragam jenis kandungan di dalamnya dan beragam juga manfaatnya. Berikut adalah 8 jenis-jenis serum wajah yang harus.

 

1. Serum Anti Acne

Serum anti acne adalah jenis serum wajah yang cocok digunakan bagi kamu para acne fighting yang bermasalah dengan jerawat.

 

Umumnya, manfaat serum untuk wajah ini mampu membantu membersihkan dan mengencangkan pori-pori, menyerap minyak berlebih pada kulit, sekaligus menenangkan kulit dari inflamasi dan iritasi.

 

Produk serum anti acne sudah bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, biasanya tersaji dengan beberapa kandungan seperti glycolic acid dan salicylic acid yang termasuk golongan AHA dan BHA. Secara khusus, serum ini memang diformulasikan dengan molekul kecil sehingga sangat mudah terserap jauh ke dalam kulit untuk mengatasi jerawat dari akarnya.

 

2. Serum Exfoliating

Jenis serum wajah yang sering digunakan oleh orang-orang selanjutnya adalah exfoliating face serum. Seperti yang sering kita bahas, proses exfoliasi merupakan salah satu routine skincare yang perlu dilakukan.

 

Eksfoliasi berguna dalam mengencangkan, mengencangkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, dengan eksfoliasi juga bisa membantu memperbaiki perubahan warna dan hiperpigmentasi akibat sinar matahari dan penuaan alami.

 

Salah satu cara exfoliasi adalah dengan menggunakan serum exfoliating. Penggunaan teratur jenis serum wajah ini dapat membantu menghilangkan garis garis halus serta kerutan di wajah.

 

Kandungan utama yang biasa ada di dalam serum jenis ini adalah glycolic acid, lactic acid, tropic acid, lactobionic acid, dan gluconolactone.

 

Baca juga:5 Kegunaan Baby Oil yang Ternyata Memiliki Manfaat Bagi Kulit Wajah

 

3. Repairing Serum

Memiliki masalah kulit seperti flek hitam, kulit gelap karena paparan sinar matahari atau bekas jerawat yang meninggalkan luka?

 

Seperti namanya, Repairing serum merupakan jenis serum yang diformulasi untuk memperbaiki masalah pada kulit kamu.

 

Kandungan utama yang dikenal cukup baik dalam memperbaiki masalah pada wajah yakni lendir siput hitam (black snail extract).

 

Selain itu ada beberapa kandungan lain yang umum digunakan pada repairing serum yaitu teh hijau, asam lemak omega 3, ceramide, ekstrak rumput laut, dan berbagai jenis minyak esensial.

 

4. Skin Brightening Serum

Skin brightening merupakan jenis serum wajah yang paling banyak digunakan terlepas apapun jenis kulit yang dimiliki. Sesuai dengan namanya, serum ini berfungsi untuk membuat wajah lebih cerah. 

 

Bahan yang umum diformulasikan ke dalam skin brightening serum yaitu kandungan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E.

 

Di samping itu, ada juga beberapa jenis brightening serum yang menggunakan ekstrak bahan alami dan memanfaatkan beberapa jenis asam asaman sebagai agen pencerah. 

 

Layaknya lemon, akar licorice, grapefruit, kojic acid, dan ferulic acid. Tidak jarang, optical diffuser atau light reflector juga ditambahkan di dalamnya untuk menunjang tampilan yang glowing.

 

5. Serum Anti Aging

Ingin terlihat awet muda dan terus mempertahankan tampilan kulit yang menawan? Maka serum anti aging ini adalah pilihan yang tepat. 

 

Jenis serum sangat banyak digunakan karena kemampuannya dalam mengencangkan kulit dan mengatasi berbagai tanda penuaan.

 

Kandungan utama yang dimiliki serum anti aging biasanya berupa retinol, yang diklaim begitu ampuh untuk mengatasi kulit kusam, flek, hingga garis halus. 

 

Selain retinol, beberapa bahan yang digunakan pada serum anti aging yaitu vitamin C, stem cells, grape seed extract, peptida, evening primrose, growth factors dan alpha hydroxy acids (AHA).

 

6. Hydrating Serum

Kulit yang terhidrasi dengan baik tentu akan membuatnya terlihat lebih segar. Bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit kering, hydrating serum merupakan solusi.

 

Meski fungsi hydrating serum adalah untuk melembapkan wajah, namun hydrating serum bukan digunakan untuk menggantikan peran moisturizer. Justru serum tersebut akan bekerja lebih maksimal jika digunakan bersama dengan pelembap.

 

Baca juga: Ingin Tahu Skincare untuk Kulit Kering? Yuk Simak Ulasannya Berikut Ini!

 

7. Serum Anti Inflammatory

Bagi kalian yang memiliki berbagai permasalahan kulit akibat inflamasi seperti jerawat yang tak kunjung kempes, maka serum anti inflammatory ini bisa jadi pilihan jenis serum yang tepat. 

 

Fungsi serum wajah anti inflammatory ini adalah untuk mengatasi kulit yang iritasi, rusak, atau pun terbakar. Serum anti inflammatory diformulasikan secara khusus dengan bahan seperti hyaluronic acid, green tea, dan lidah buaya.

 

8. Peeling Serum

Produk peeling serum dapat membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga jenis serum wajah satu ini sangat baik untuk mengatasi masalah pori-pori besar yang diakibatkan oleh kulit berminyak. 

 

Dalam peeling serum terdapat kandungan retinol, AHA dan BHA, citric acid, hingga ekstrak buah-buahan atau enzim dari tumbuhan tertentu yang baik untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Itulah beberapa jenis-jenis serum wajah yang beredar di pasaran dengan fungsinya masing-masing. Meski begitu, ada juga beberapa brand yang membuat satu serum dengan dua hingga 3 manfaat sekaligus.

 

Penggabungan dalam penggunaan serum atau dikenal multi layering serum pada dasarnya tidak masalah. Namun, kenali terlebih dahulu kandungan yang ada di dalam serum. Pastikan tidak ada bahan aktif yang saling kontradiktif. 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping