Tampil Awet Muda, Begini Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

23 Mar 2022
Tampil Awet Muda, Begini Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Salah satu impian dari sekian banyak wanita adalah memiliki kulit yang bebas kerutan meski usia sudah tidak muda lagi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan baik untuk mencegah maupun mengurangi kerutan di wajah.

Mulai dari cara natural hingga medis yang mana bergantung dari kebutuhan dan kemampuan.  Yuk simak cara menghilangkan kerutan di wajah berikut ini:

 

 

1. Mencuci Muka 

Salah satu cara alami dan paling mudah dicoba adalah dengan mencuci wajah secara rutin. Terutama untuk kamu yang kerap mengenakan make up, aktif bekerja di luar atau mudah berkeringat. 

Mencuci wajah akan membantu menghilangkan kotoran yang menumpuk dan membuat skincare yang kita gunakan setelahnya bekerja dengan lebih baik.

 

 

2. Kulit Tetap Terhidrasi  

Meminum air yang cukup dapat membantu menghilangkan toksin dalam tubuh dan menjaga hidrasi kulit. Dengan meminum air yang cukup, tubuh kita akan lebih mudah untuk menyalurkan nutrisi secara menyeluruh sehingga kulit kita pun dapat terlihat lebih sehat dan terjaga. 

 

 

3. Tidur yang Cukup 

Hal ini karena tubuh yang tidur dengan cukup akan memproduksi HGH (Human Growth Hormone) yang membantu kulit tetap elastis dan tebal. 

Selain itu, tidur yang cukup bisa membantu otak dalam mengelola stress. Sehingga bisa mengurangi kemungkinan hormon kortisol untuk memicu kelenjar sebasea memproduksi minyak berlebih.

 

Baca juga: Ingin Terlihat Awet Muda, 12 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Ini Bisa Dicoba

 

 

4. Konsumsi Makanan Sehat 

Makanan sehat dan bernutrisi seimbang bukan hanya baik untuk tubuh tetapi juga untuk kulit kamu loh!

Mulai biasakan konsumsi sayuran, buah, dan yoghurt. Makanan tersebut akan mencegah kerusakan kulit karena radikal bebas dan bisa menjadi salah satu cara memperlambat proses timbulnya kerutan di wajah secara alami dan mudah. 

 

 

5. Mengurangi Makanan Manis dan Berminyak 

Makanan manis dan berminyak adalah salah satu pemicu munculnya komedo dan jerawat. Kondisi tersebut secara tak langsung juga menjadi penyebab munculnya kerutan pada kulit wajah. 

Pubmed juga menjelaskan jika makanan seperti ini bisa menyebabkan proses glikasi yang mana akan memecah kolagen dalam kulit sehingga membuat wajah tampak lebih tua.  

 

 

6. Masker Wajah Dengan Bahan Alami 

Penggunaan masker wajah dengan  bahan alami juga dapat  menyamarkan kerutan di wajah loh #beautyhaulsquad.

Beberapa bahan alami seperti putih telur, pisang, minyak zaitun, sampai lidah buaya bisa diformulasikan di dalam produk skincare untuk menjadi berbagai macam masker yang bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan kulit. 

 

 

7. Pelembap

Seperti namanya, pelembap berguna untuk memberi rasa ‘lembap’ pada kulit atau dengan kata lain membantu menghidrasi kulit. 

Formulasi khusus yang digunakan umumnya bisa membantu menyamarkan kerutan, garis halus, hingga membuat kulit wajah tampak halus. 

Umumnya cara menghilangkan kerutan di wajah ini juga didukung dengan kandungan baik lainnya seperti hyaluronic acid dan vitamin C. 

 

 

8. Sunscreen 

Cara mencegah dan menyamarkan  kerutan di wajah selanjutnya adalah dengan mencegah paparan sinar UV secara langsung. 

Beberapa penelitian telah membuktikan, penggunaan tabir surya bisa membantu menjaga kulit dari bahaya sinar UV yang bisa menjadi salah satu faktor munculnya kerutan di wajah  

Gunakan sunscreen setiap 2-3 jam agar perlindungannya lebih maksimal terutama saat beraktivitas di luar ruangan. 

 

 

9. Retinoid 

Kandungan retinoid yang biasa didapat dari vitamin A ternyata cukup efektif dalam melawan efek penuaan. 

Kandungan ini juga bisa membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulit secara menyeluruh. Tak hanya itu, retinoid pun membantu mempercepat regenerasi kulit agar tampil lebih sehat. 

 

 

10. Produk Dengan AHA 

Kandungan AHA (Alpha hydroxy Acid) dikenal sebagai kandungan aktif yang dapat mengeksfoliasi dan mencegah masalah kerutan yang ada pada wajah. 

Umumnya, pada produk wajah yang fokus pada mencegah penuaan kamu bisa menemukan bahan seperti lactic acid dan glycolic acid

 

 

11. Botox 

Terapi injeksi botox adalah salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah secara medis. Prosedur ini umumnya dilakukan dengan menyuntik bagian wajah yang berkerut seperti antara alis dan ujung mata. 

Namun, perlu diingat. Hasil dari terapi botox umumnya bersifat sementara. Botox sendiri bekerja dengan membekukan otot penyebab keriput dan harus dilakukan lagi selang beberapa bulan. 

 

Baca juga: 12 Macam Masalah Kulit Wajah yang Paling Sering Dialami

 

 

12. Facelift 

Rahasia kecantikan awet muda yang sudah dikenal sejak lama adalah facelift. Prosedur medis ini bersifat permanen yang mana harus dilakukan oleh dokter bersertifikat. 

Teknik ini adalah prosedur bedah yang menghilangkan kulit dan lemak berlebih dari wajah dan leher. Tidak hanya itu, ada pula proses mengeratkan lapisan tisu agar kulit tampak lebih kencang. 

 

 

13. Filler 

Pada keriput yang sudah terlalu lama umumnya akan mendapat prosedur medis berupa filler. Lekukkan utama di sekitar dagu, mulut, dan kulit adalah lokasi yang sering mendapat prosedur ini. 

Bahan yang digunakan umumnya adalah hyaluronic acid. Sayangnya, prosedur ini bersifat sementara karena hasil dari cara menghilangkan kerutan di wajah hanya akan bertahan sekitar 5-6 bulan saja.  

 

Pada dasarnya, ada banyak cara hilangkan kerutan di wajah. Setiap pilihan diatas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. 

Buat kamu, terutama yang masih muda. Sebaiknya pilih metode yang lebih aman. Seperti misalnya membiasakan menggunakan sunscreen dan skincare,  makan sehat dan berolahraga teratur. Hal ini tentu lebih murah dan hasilnya awet dibanding harus menggunakan jalur medis.

 

 

Fact checked by Vindy Andri Putri, B.Sc

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping