6 Manfaat Glycolic Acid untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah

23 Aug 2021
manfaat glycolic acid

Semakin bertambahnya usia, kulit juga akan mengalami penuaan dan membutuhkan produk perawatan yang tepat. Tak heran jika kini banyak skincare yang dilengkapi dengan kandungan asam glikolat untuk peremajaan kulit.

 

Apa itu Glycolic Acid? Glycolic Acid atau asam glikolat adalah salah satu asam dari jenis Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang banyak digunakan sebagai kandungan skincare yang dapat merawat kulit wajah.

 

Nah, bagi kalian yang belum tahu apa saja manfaatnya, yuk cari tahu di sini. Berikut berbagai manfaat Glycolic Acid untuk kesehatan kulit wajah.

 

1. Berfungsi untuk Mencerahkan Warna Kulit

Aktivitas harian di luar rumah yang membuat kita seringkali terpapar sinar matahari, hal ini tentu akan membuat kulit menjadi kering dan kusam.

 

Disarankan untuk menggunakan skincare yang mengandung Glycolic Acid karena bisa berfungsi untuk membuat kulit tubuh menjadi lebih cerah dengan mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit.

 

2. Menghaluskan Kulit

Seperti yang sudah diketahui, senyawa ini memiliki karakteristik yang dapat melarutkan zat perekat. Karena alasan tersebut, Glycolic Acid sangat ampuh digunakan untuk mengatasi kulit kering dan membuatnya menjadi lebih lembap.

 

3. Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

Apakah kalian memiliki masalah dengan bekas jerawat yang membandel? Jika iya, maka produk yang mengandung Glycolic Acid merupakan salah satu pilihan tepat.

 

Kamu bisa memilih berbagai produk skincare mulai dari toner, face mask, moisturizer, dan yang lainnya sebagai tahap skincare rutin setiap harinya untuk bisa merawat kulit wajah secara optimal.

 

4. Mengecilkan Pori-Pori Kulit yang Membesar

Dilansir dari situs dermadoctor.com, menggunakan produk skincare yang mengandung Glycolic Acid secara rutin bisa mengecilkan pori-pori kulit, sehingga wajah dapat terbebas dari minyak berlebih.

 

Baca juga: 5 Kandungan yang Sebaiknya Dihindari Saat Membeli Face Wash

 

5. Memperlambat Penuaan Dini

Fungsi Glycolic Acid yang yaitu untuk membuat wajah tampak muda dan sehat.

 

Produk skincare yang mengandung asam glikolat dapat merangsang produksi elastin dan kolagen yang dapat memperbaharui kualitas kulit.

 

Dengan begitu, sel kulit akan beregenerasi dan menghasilkan sel kulit baru yang lebih sehat.

 

6. Membuat Warna Kulit Jadi Lebih Merata

Warna kulit yang belang atau tidak merata tentu akan membuat seseorang kurang percaya diri. Hal ini dikarenakan orang lain bisa melihat adanya perbedaan kontras warna yang mencolok.

 

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan kulit yang kurang merata, maka bisa mencoba manfaat dari Glycolic Acid yang bisa mengembalikan warna kulit secara alami dan merata di setiap bagian.

 

Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan Glycolic Acid?

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya jika menggunakan produk asam glikolat ini saat malam hari. Senyawa yang satu ini memiliki ciri khas yang lebih sensitif dari sinar UV.

 

Oleh karena itu, kalian bisa menggunakan skincare dengan kandungan tersebut sebelum tidur. Jika terpaksa menggunakannya saat pagi hari, jangan lupa mengoleskan tabir surya.

 

Baca juga: Pernahkah Kalian Mendengar Jenis AHA Bernama Mandelic Acid?

 

Efek Samping Glycolic Acid

Ketika menggunakan produk dengan kandungan Glycolic Acid, reaksi yang kerap terjadi adalah munculnya rasa perih serta kemerahan saat pertama kali menggunakannya.

 

Tidak perlu khawatir, karena itu adalah hal yang wajar dan merupakan respon alami tubuh.

 

Namun, bila ternyata muncul alergi dan iritasi dalam waktu lama, sebaiknya hentikan pemakaian dan segera konsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

Bila ragu untuk langsung digunakan, sebaiknya lakukan tes patch terlebih dahulu dengan mengoleskannya di bagian belakang kuping dan lihat reaksinya selama 15-30 menit.

 

Jika tidak terjadi reaksi, maka bisa dikatakan aman dan dapat digunakan ke seluruh area wajah.

 

Perlu diingat, kalian perlu mengoleskan skincare dengan kandungan Glycolic Acid pada wajah secara merata serta hindari area mata.

 

Itulah berbagai manfaat Glycolic Acid untuk kulit wajah. Dengan mengetahui kandungan yang tepat, kalian bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan perawatan kulit.

 

Pastikan untuk membeli produk yang asli dan sudah terdaftar BPOM, hal ini untuk menghindari produk palsu yang bisa memberi dampak negatif.

 

Kalian bisa membeli berbagai produk skincare yang mengandung Glycolic Acid dari Beautyhaul.com. Ada beberapa rekomendasi produk yang bisa dicoba, seperti:

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping