Makin Mulus, Begini 10 Cara Mengecilkan Pori-pori di Wajah

06 Dec 2021
skincare untuk mengecilkan pori pori wajah

Pori-pori wajah merupakan lubang yang berguna sebagai saluran keluarnya keringat dan minyak alami. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah tersumbatnya pori-pori tersebut sehingga menyebabkan ukurannya terlihat lebih besar.

 

Sel kulit mati yang menumpuk seringkali menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pori pori yang membesar. Lantas bagaimana cara mengecilkan pori pori wajah? simak jawabannya berikut ini. 

 

1. Jangan Menyentuh Wajah 

Secara naluri kita sering menyentuh bagian wajah menggunakan tangan. Namun tahukah kamu, sering menyentuh wajah dengan tangan sebenarnya tidak disarankan loh #BeautyhaulSquad.

 

Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri yang ada di tangan berpindah ke wajah dan masuk ke dalam pori-pori. Bakteri dan kotoran inilah yang nantinya membuat pori-pori menjadi lebih mudah tersumbat dan bisa membuat masalah kulit menjadi makin parah.

 

2. Bersihkan Wajah Secara Rutin 

Cara terbaik menjaga kesehatan kulit adalah dengan membersihkannya secara rutin. Salah satu rutinitas yang wajib dilakukan adalah membersihkan makeup sebelum tidur. 

 

Menggunakan makeup saat tidur di malam hari bisa meningkatkan potensi terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah karena menumpuknya sel-sel kulit mati. 

 

Selain itu, membersihkan wajah dari makeup bisa membantu agar kulit bisa bernafas serta menjadi salah satu cara untuk mengecilkan pori-pori.

 

Ketika membersihkan makeup, gunakan pembersih khusus seperti cleansing oil dan sabun wajah. Jika memungkinkan, gunakan air hangat dan produk dengan bahan non-comedogenic untuk hasil yang maksimal. 

 

Selain membersihkan make up, membersihkan muka memang selayaknya dilakukan secara rutin. Membersihkan wajah setidaknya dilakukan dua kali sehari agar membantu melepaskan pori tersumbat dan mengurangi penumpukan minyak. 

 

Baca juga: 15 Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori Paling Direkomendasikan, Kamu Wajib Tahu

 

3. Menggunakan Skincare Dingin 

Cara memperkecil pori-pori yang membesar pada wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan produk skincare yang telah disimpan di dalam kulkas. 

 

Berdasar beberapa sumber, menyimpan skincare di dalam kulkas selain memberikan sensasi dingin dan segar di wajah juga dapat membuat pori pori terlihat menyusut meski efek ini dinilai hanya sementara dan bisa dibilang merupakan cara mengecilkan pori pori wajah dengan cepat. 

 

4. Melakukan Eksfoliasi 

Proses eksfoliasi wajah bisa dibilang sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori pada wajah. Hal ini lantaran hasil dari proses eksfoliasi yang membuat pori tidak terlalu terlihat. 

 

Tidak hanya itu, ingredients di dalam produk exfoliator juga membantu mengangkat butiran pasir dan kotoran secara lembut pada wajah. 

 

Sayangnya, untuk kulit berjerawat kamu harus memilih produk dengan berhati-hati. Pastikan produk cocok dengan kulit kamu dan tidak membuat iritasi.

 

5. Gunakan Pembersih Kulit Yang Sesuai 

Langkah berikutnya yang perlu kamu coba sebagai cara mengatasi pori pori yang membesar di wajah adalah dengan pemilihan produk pembersih yang sesuai.

 

Kamu bisa memilih produk dengan tekstur encer dan ringan agar tidak mengiritasi kulit. Selain itu, kamu juga bisa pilih produk yang memiliki beberapa manfaat sekaligus seperti misalnya membersihkan, menyegarkan, menjaga, merawat dan mencegah jerawat. 

 

6. Gunakan Krim yang Mengandung Retinol 

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat, ada satu cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus. Hal yang harus dicoba adalah menggunakan produk dengan kandungan retinol. 

 

Mengapa harus retinol? Seperti yang telah dijelaskan pada artikel manfaat retinol yang diulas sebelumnya. Kandungan ini merupakan salah satu bahan aktif yang mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori kulit. 

 

Efeknya, selain membuat kulit menjadi bersih dari sel-sel kulit mati juga dapat membantu kulit tampak lebih kencang.   

 

7. Produk Berbahan Dasar Minyak Natural

Untuk kamu pemilik kulit berminyak, sebisa mungkin hindari produk dengan kandungan minyak karena akan membuat kulit menjadi semakin mudah tersumbat. 

 

Namun, cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami ini bukan berarti melarang sepenuhnya oil based skincare loh. Tetapi, pilih skincare yang cocok dengan kondisi kulit dan memiliki bahan alami.  

 

8. Tambahkan Scrub Pada Daftar Skincare 

Selain eksfoliasi, kamu juga bisa menambahkan produk scrub wajah pada daftar skincare yang kamu gunakan. Eksfoliasi lembut yang satu ini memiliki tugas penting untuk mengangkat kulit mati yang menyumbat pori-pori. 

 

Namun, pilih produk skincare dengan tekstur ringan dan lembut untuk menghindari iritasi yang dapat memperparah jerawat. 

 

Baca juga: 5 Cara Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat 

 

9. Rawat Jerawat dan Kulit Kendur

Kondisi jerawat sendiri akan menyumbat pori-pori dan membuatnya semakin jelas terlihat. Oleh karena itu, Pilih produk dengan kandungan salicylic acid.

 

Kandungan aktif pada salicylic acid memiliki manfaat untuk membantu merawat jerawat dan pori-pori wajah. Cara kerja dari asam salisilat ini adalah dengan membuka pori pori yang ada di wajah sehingga lebih muda dibersihkan.   

 

10. Menggunakan Tabir Surya

Terkena paparan UVA dan UVB setiap hari dapat meningkatkan risiko kerusakan pada kulit. Sehingga salah satu cara menghilangkan pori-pori yang  membesar pada wajah adalah dengan menggunakan tabir surya.

 

Selain menggunakan tabir surya, kalian juga bisa menggunakan makeup primer yang memiliki kandungan SPF di dalamnya. Sehingga kulit tampak sehat dan tetap aman dari paparan UVA atau UVB. 

 

Dari sekian banyak cara mengecilkan pori wajah di atas, dapat disimpulkan betapa pentingnya untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. 

 

Kamu bisa mulai dengan membersihkan kulit setiap hari dengan face wash, menambahkan scrub dan eksfoliasi setiap beberapa minggu. Hal ini akan sangat membantu kondisi pori tetap maksimal dan sehat. 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping