14 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

31 Dec 2021
cara mengatasi kulit wajah kering

Bintik hitam atau flek hitam di wajah memang cukup mengganggu penampilan. Masalah kulit ini memang normal terjadi akibat kelebihan produksi pigmen berwarna gelap yang ada di kulit. 

 

Meski tidak berbahaya, terkadang orang tetap ingin melakukan berbagai cara untuk mengatasi permasalahan ini. Kalau kamu salah satunya, yuk simak beberapa tips cara menghilangkan flek hitam berikut.

 

 

1. Gunakan Tabir Surya

Salah satu cara paling mudah untuk membantu menghilangkan bekas flek hitam di wajah dengan menggunakan tabir surya. 

 

Sebagaimana yang diketahui, tabir surya memiliki kandungan tertentu yang mampu mencegah terjadinya penggelapan kulit lebih lanjut. Semakin tinggi kandungan SPF di dalamnya, semakin tinggi tingkat proteksinya dan semakin membantu dalam memudarkan flek hitam.

 

Baca juga: 15 Rekomendasi Sunscreen yang Mengandung Niacinamide

 

 

2. Produk Pencerah Kulit

Selain melakukan perlindungan terhadap wajah, kamu juga perlu menggunakan produk pencerah agar mempercepat proses regenerasi kulit. Hal ini karena produk pencerah kulit akan mempercepat proses menghilangkan flek hitam. 

 

Agar lebih efektif dan maksimal, pilih produk yang mengandung bahan aktif seperti misalnya vitamin C, Retinoid (retinol, tretinoin, gel adapalene, atau tazarotene) dan asam kojic. Bahan-bahan tersebut selama ini dikenal dapat memudarkan bintik hitam karena mampu melawan produksi melanin. 

 

 

3. Perawatan Laser

Jika perawatan dengan bahan aktif kurang ampuh untuk flek hitam yang membandel, maka kamu bisa mengambil beberapa tindakan medis untuk mengatasinya. Salah satu cara yang direkomendasikan untuk mengatasi flek hitam adalah dengan perawatan laser.

 

Biasanya, perawatan ini menggunakan cahaya khusus yang ditembakkan pada flek hitam sehingga sel penghasil melanin di kulit, melanosit dapat dihancurkan segera. Sampai saat ini, perawatan laser sendiri dianggap sebagai cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. 

 

 

4. Chemical Peel 

Chemical peeling merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Dalam prosesnya, chemical peeling menggunakan larutan kimia tertentu yang dapat mengelupas bagian terluar pada kulit. Hasilnya kulit nanti akan terasa bersih dan kencang.

 

Baca juga: Tak Hanya Mencerahkan, Berikut Manfaat Peeling Wajah yang Wajib Diketahui

 

 

5. Dermabrasi / Mikrodermabrasi

Jika bahan pengelupasan kulit secara alami masih kurang efektif, saatnya memilih prosedur yang lebih ampuh. Kamu bisa mencoba dengan teknik dermabrasi atau mikrodermabrasi. 

 

Prosedur ini akan melibatkan pengelupasan lapisan permukaan kulit dengan memanfaatkan kuas. Agar hasilnya lebih maksimal, biasanya prosedur ini dilakukan sebanyak dua atau tiga sesi. 

 

 

6. Cryotherapy

Berbeda dengan prosedur sebelumnya, metode yang ini memang lebih mengarah ke medis yang jarang dilakukan. Metode Cryotherapy dilakukan dengan cara mencelupkan kapas ke dalam nitrogen cair di mana kemudian kapas itu ditempelkan pada flek hitam yang membandel. 

 

Cara ini memang dikenal sangat ampuh untuk menghancurkan pigmen ekstra yang membuat wajah lebih bercahaya. Namun, meski sering dilakukan di luar negeri, di Indonesia sendiri belum banyak terapi ini.

 

 

7. Teh Hijau

Jika takut melakukan prosedur medis, maka masih ada cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel lainnya. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan teh hijau.

 

Seperti yang diketahui, Dalam teh hijau memang mengandung polifenol yang mencegah pembentukan jerawat. Kandungan tersebut nantinya melindungi dari radiasi UVA dan UVB yang berbahaya sehingga mengurangi risiko terjadinya bintik hitam. 

 

 

8. Lidah Buaya

Bahan alami lainnya yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara memudarkan flek hitam di wajah selanjutnya adalah lidah buaya. Seperti yang kita tahu, selama ini aloe vera memang banyak digunakan dalam produk perawatan. 

 

Kandungan Aloin di dalamnya memiliki manfaat sebagai penangkal radiasi dari ultraviolet yang berbahaya dan meningkatkan tingkat elastisitas kulit.  

 

 

9. Oatmeal

Oatmeal bukan hanya baik untuk kesehatan saja saat dikonsumsi, tetapi juga bisa digunakan untuk perawatan wajah juga. Umumnya oatmeal digunakan sebagai masker wajah.

 

Kandungan yang ada pada oatmeal memang diklaim mampu membantu pengelupasan dan membersihkan sel-sel kulit mati di wajah. Jika digunakan secara teratur, hal ini juga akan membantu menyamarkan flek hitam diwajah karena memiliki khasiat mencerahkan. 

 

Baca juga: Ingin Terlihat Awet Muda, 12 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Ini Bisa Dicoba

 

 

10.  Kunyit

Bahan dapur ini memiliki kemampuan yang ampuh untuk memperbaiki warna kulit yang tidak merata sehingga akan memberikan tampilan wajah yang lebih sehat. Untuk menggunakannya, haluskan kunyit sampai membentuk pasta kental dan gunakan sebagai masker. 

 

 

11. Buttermilk

Buttermilk dikenal memiliki jumlah asam laktat yang tinggi sehingga mampu memudarkan bintik hitam di wajah. Selain itu, di dalamnya juga ada beberapa kandungan lain seperti vitamin A, D, B12, B6, dan biotin untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan flek hitam di wajah.

 

 

12. Apple Vinegar

Cuka sari apel dikenal sebagai obat mujarab yang mampu menjaga kulit wajah tetap sehat dan bercahaya. Selain mampu mengobati jerawat, cuka apel  membantu pertumbuhan sel baru sehingga muncul lebih cepat. 

 

Caranya pun cukup mudah, kamu cuma perlu melarutkan dengan air kemudian oleskan ke wajah. Sebaiknya pada awal penggunaan, gunakan campur lebih banyak air untuk mengetahui apakah kulit kamu cocok atau tidak. Jika tidak ada masalah, baru boleh ditingkatkan kadar apple vinegarnya. 

 

 

13.  Irisan kentang

Dalam sebuah kentang, ada berbagai macam kandungan penting seperti potasium, vitamin B6, fosfor vitamin C, dan seng. Kandungan pada kentang ini memiliki manfaat sebagai anti-pigmentasi sehingga sangat cocok untuk membantu menyamarkan noda hitam di wajah. Langkah ini sekaligus cocok buat kamu yang sedang mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami.

 

 

14. Pepaya

Papain merupakan sebuah enzim khusus yang hanya ada pada pepaya. Enzim ini dikenal karena manfaatnya yang dapat menyeimbangkan warna kulit. Dengan begitu, masalah flek hitam di wajah pun bisa diatasi.

 

Baca juga: 17 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam

 

 

Setelah mengetahui 14 cara diatas, apakah kamu jadi tahu bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel? 

 

Pada dasarnya, cara mengatasi flek hitam di wajah yang membandel membutuhkan waktu yang tidak sebentar, terutama jika noda tersebut beberapa tingkat lebih gelap dari warna kulit asli. 

 

Setidaknya memerlukan waktu 6 hingga 12 bulan agar dapat memudar. Maka dari itu, memilih perawatan yang tepat bisa mempercepat proses menghilangkan flek membandel di wajah.  

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping