Bantu Regenerasi Kulit! Ini 5 Cara Angkat Sel Kulit Mati di Wajah

07 Feb 2022
cara mengangkat sel kulit mati

Kulit manusia secara alami dapat meregenerasi sel-sel kulit pada tubuh. Namun, kemampuan ini akan menurun seiring bertambahnya usia.

 

Apalagi, bila setiap hari kulit sering terpapar polusi dan sinar matahari, tentu bisa membuat sel kulit mati akan semakin menumpuk dan membuat wajah menjadi kusam. 

 

Lalu, bagaimana caranya membersihkan sel kulit mati agar tidak mengganggu penampilan?

 

Berikut cara yang bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati di tubuh dan wajah.

 

1. Gunakan Alpha Hydroxy Acid

Eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati dengan hydroxy acid adalah langkah paling ampuh untuk mengatasi wajah yang kusam.

 

Di mana kandungan AHA atau alpha hydroxy acid ini bisa didapatkan dalam berbagai produk skincare, seperti krim wajah, serum, toner, maupun chemical peeling.

 

Asam golongan AHA yang sering digunakan antara lain asam laktat, glycolic acid, asam sitrat.

 

Dengan penggunaan skincare yang mengandung AHA secara rutin, bisa membantu membersihkan sel kulit mati.

 

 

Somethinc Glow Maker          Dear Me Beauty

 

 

2. Pertimbangkan Juga Beta Hydroxy Acid

BHA atau beta hydroxy acid lebih cocok untuk pemilik kulit berminyak dan kombinasi, dengan begitu kandungan alami ini mampu membersihkan sel kulit mati sampai ke pori-pori terdalam.

 

Salah satu kandungan utama beta hydroxy acid yang umum digunakan untuk kebutuhan ini sendiri yaitu asam salisilat atau salicylic acid

 

 YOUR SKIN BAE      Serum Somethinc

 

 

3. Mencuci Wajah dengan Air Hangat

Cara menghilangkan sel kulit mati di wajah juga bisa dilakukan dengan mencuci wajah menggunakan air hangat. Hal ini cukup efektif untuk mengangkat sisa sel kulit mati yang masih menempel di kulit.

 

Air dengan suhu yang hangat akan melunakan sel kulit pada bagian permukaan dan membuat proses mengangkat sel kulit mati lebih mudah dilakukan. Kalian bisa langsung membasuh air hangat ke wajah atau menggunakan handuk yang telah direndam ke dalam air hangat. 

 

Setelah itu, baru keringkan dengan tisu khusus untuk wajah. Hindari menggunakan handuk biasa, karena tekstur yang kasar bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Jangan lupa untuk menggunakan toner dan moisturizer yang melembapkan setelahnya agar kulit terhidrasi.

 

Baca juga: 6 Ciri-ciri Purging pada Wajah dan Kapan Akan Berakhir?

 

4. Pilih Produk Pembersih Wajah yang Lembut

Rajin membersihkan wajah bisa menjadi salah satu cara mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu, maka kulit wajah pun akan terlihat lebih cerah.

 

Dengan produk yang memiliki formulasi yang gentle dengan kandungan eksfoliator. ini dapat membantu kulit terlepas dari penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan wajah terlihat menjadi lebih kusam. Salah satu kandungan yang bisa dipilih adalah BHA seperti Salicylic Acid.

 

Sebaliknya, produk pembersih wajah yang tidak tepat justru bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit lainnya seperti alergi, jerawat, hingga iritasi kulit.

 

5. Gunakan Produk dengan Kandungan Vitamin A

Vitamin A atau biasa kita kenal juga dengan retinol, mampu meningkatkan regenerasi sel kulit. Kandungan retinol merupakan salah satu kandungan dengan bukti ilmiah terbanyak yang bisa bekerja pada tingkat seluler untuk mengangkat sel kulit mati.

 

Menggunakan vitamin A secara konsisten dapat membuat kulit kita jadi tampak lebih halus dan cerah. Tapi, sebelum menggunakan vitamin A, pastikan kalian memiliki perawatan kulit dasar seperti pembersih, pelembab dan juga tabir surya (sunscreen).  

 

Untuk pemula, kalian bisa mulai menggunakannya sebanyak 2-3 kali dalam sehari, dan kalian tingkatkan secara perlahan frekuensinya menjadi setiap hari. 

 

Fact checked by Claudia Christin, MBBS, Ph.D (dermatology).

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping