7 Kesalahan Memakai Serum yang Bisa Bikin Efeknya Kurang Maksimal

28 Jun 2022
7 Kesalahan Memakai Serum yang Bisa Bikin Efeknya Kurang Maksimal

Serum adalah salah satu produk skincare yang punya segudang manfaat bagi kulit wajah. Meski demikian, masih ada beberapa kesalahan memakai serum yang kerap terjadi, lho. Penggunaan serum yang kurang tepat justru bisa membuat efeknya tidak terasa bahkan memunculkan masalah kulit baru.

Oleh karena itu, yuk, ketahui apa saja kesalahan memakai serum yang masih sering dilakukan. Jadi, kamu bisa menghindarinya dan merasakan manfaat maksimal dari serum wajah favoritmu!

Kesalahan Memakai Serum Wajah

 

1. Memilih serum yang tidak sesuai kebutuhan

Saat ini, ada banyak sekali pilihan serum wajah yang beredar di pasaran. Beberapa di antaranya bahkan berhasil viral di media sosial. Serum-serum itu disebut ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Namun faktanya, pemilihan serum harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Serum yang cocok di kulit orang lain belum tentu cocok dengan kondisi kulit kamu.

Lantas, bagaimana cara memilih serum yang benar? Pertama, cari tahu apa masalah kulitmu. Kemudian, carilah serum dengan bahan-bahan yang mampu mengatasi masalah kulit tersebut.

Sebagai contoh, apabila ada bekas jerawat menghitam, flek, dan hiperpigmentasi pada wajah, kamu bisa menggunakan Somethinc Dark Spot Reducer Ampoule. Serum atau ampoule yang satu ini mengandung Tranexamoyl Dipeptide-23 yang bekerja sebagai double brightening agent. Warna kulit dan bekas jerawatmu jadi lebih cerah tanpa iritasi, deh!

 

2. Salah urutan pemakaian serum

Kesalahan memakai serum yang kerap dilakukan pemula adalah menggunakan skincare dengan urutan yang keliru. Ya, untuk memaksimalkan kinerja setiap produk skincare, termasuk serum, #BeautyHaulSquad perlu menerapkan langkah pemakaian skincare yang tepat.

Urutan skincare pagi yang bisa kamu ikuti yakni dimulai dari cleanser, toner, serum, day cream atau pelembap, lalu ditutup dengan sunscreen. Sementara itu, urutan skincare malam yang tepat yaitu cleanser, exfoliant, toner, serum, lalu night cream atau pelembap.

 

3. Tidak mengikuti aturan pakai

Setiap produk face serum memiliki aturan pakai yang berbeda, baik dari segi takaran, frekuensi pemakaian, maupun cara pengaplikasian. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu menerapkan cara pemakaian serum yang benar sesuai aturan yang tertulis di kemasan produk.

Misalnya, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule yang diklaim dapat menunda kemunculan tanda-tanda penuaan dini mengandung bahan aktif retinol. Oleh karenanya, keesokan hari setelah menggunakan ampoule ini, kamu wajib menggunakan sunscreen.

 

 

4. Menggunakan produk skincare lain sebelum serum menyerap

Ketika menggunakan berbagai produk skincare, pastikan kamu mengaplikasikannya dengan sabar, ya, #BeautyHaulSquad. Pasalnya, salah satu kesalahan memakai serum yang juga sering terjadi adalah menggunakan skincare lain sebelum serum menyerap dengan sempurna.

Menurut Goldenberg, pelembap sebaiknya digunakan satu menit setelah serum diaplikasikan. Durasi waktu tersebut memungkinkan serum sudah terserap sempurna ke dalam kulit wajah.

 

 

5. Mencampurkan bahan serum yang tidak seharusnya

Kamu mungkin memiliki beberapa masalah kulit sekaligus. Hal itu membuatmu ingin menggunakan banyak produk skincare dalam satu waktu untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Akan tetapi, dalam aturan pemakaian serum yang benar, sebaiknya gunakan maksimal tiga serum dalam waktu yang sama. 

Tak hanya dari segi jumlah, penggunaan bahan serum secara bersamaan pun ada aturannya. Sebagai contoh, sebaiknya kamu tidak menggunakan retinol dan AHA/BHA secara bersamaan. Ketiga bahan tersebut berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit dan mengatasi penumpukan sel-sel kulit mati. 

Nah, jika digunakan secara bersamaan, kulitmu justru akan mengalami eksfoliasi yang berlebihan. Kulitmu pun bisa iritasi dan mengelupas.

 

 

6. Tidak ‘mengunci’ skincare dengan pelembap

Face serum bukan urutan skincare terakhir, lho. Setelah menggunakan serum, pastikan kamu ‘mengunci’ seluruh rangkaian produk skincare-mu dengan pelembap seperti dari brand Skintific yaitu Skintific 5X Ceramide Barrier Moisture Gel. Hal ini bertujuan agar wajahmu tetap terhidrasi dengan baik.

Apabila digunakan sebelum serum, pelembap justru akan menghambat penyerapan produk serum ke wajah karena teksturnya relatif lebih kental.

 

 

7. Penggunaan serum yang tidak konsisten

Kesalahan memakai serum terakhir yang wajib kamu hindari adalah tidak konsisten. Konsistensi memang menjadi kunci utama agar setiap produk skincare-mu memberikan hasil yang maksimal, termasuk serum wajah.

Oleh karena itu, ikuti aturan pakai serum yang tertera. Apabila tergolong ringan dan aman, serum tersebut bisa kamu gunakan setiap hari. Setelah menggunakannya dengan rutin, siap-siap mendapatkan kulit yang sehat, ya, #BeautyHaulSquad!

Itulah tujuh kesalahan memakai serum yang sering dilakukan. Mulai sekarang, hindari kesalahan-kesalahan di atas, ya. Jadi, kamu bisa merasakan manfaat serum yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. 

Nah, setelah mengetahui hal-hal yang perlu dihindari, kini, kamu bisa dapatkan serum wajah favoritmu di BeautyHaul! Ada banyak pilihan serum terbaik yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit, mulai dari jerawat, hiperpigmentasi, hingga tekstur kulit yang tidak rata. Jangan lupa, gunakan serum tersebut secara konsisten, ya, #BeautyHaulSquad!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping