7 Kesalahan Menggunakan Sunscreen yang Sering Terjadi

23 Nov 2022
7 Kesalahan Menggunakan Sunscreen yang Sering Terjadi

#BeautyHaulSquad pasti sudah tidak asing lagi dengan fungsi sunscreen atau tabir surya yang memberikan perlindungan dari sinar UV. Pada dasarnya, cara memakai sunscreen adalah dengan mengoleskan ke kulit secara merata. Mungkin beberapa dari #BeautyHaulSquad masih bingung sebaiknya sunscreen dipakai setelah apa? Penggunaan sunscreen pada urutan skincare berada di akhir, tepatnya setelah memakai moisturizer, agar memberikan perlindungan UV terluar pada kulit.

Penggunaan sunscreen secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kanker kulit dan munculnya penuaan dini akibat sinar matahari. Kedua permasalahan kulit tersebut bukanlah sekadar mitos yang bisa diabaikan, terutama untuk #BeautyHaulSquad yang sering beraktivitas di luar ruangan atau outdoor. Meski sekarang kesadaran orang-orang untuk menggunakan sunscreen sudah semakin tinggi, namun tidak sedikit juga yang masih memiliki anggapan salah dalam mengaplikasikannya. Untuk itu, agar sunscreen yang kamu gunakan bisa bekerja lebih efektif, simak beberapa kesalahan menggunakan sunscreen yang kerap terjadi.

 

1. Sunscreen yang Kamu Gunakan Tidak Memberikan Proteksi Maksimal

Saat membeli sunscreen, #BeautyHaulSquad perlu memperhatikan formula yang terkandung di dalamnya. Pastikan bahwa tabir surya tersebut memberikan proteksi maksimal yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, pilih sunscreen atau tabir surya setidaknya yang memiliki SPF 30 setiap hari untuk memblokir 97% sinar UV. Produk yang kamu pilih juga harus memiliki perlindungan spektrum yang luas yang bisa melindungi kulit dari sinar UVB (pembakaran) dan UVA (penuaan). Sebagai rekomendasi untuk melindungi kulit wajah, kamu bisa coba produk Somethinc Holyshield! UV Watery Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++ yang sudah broad spectrum dan memberikan 5-in1 Protection dari UVA, UVB, Pollution, Blue light, Infrared, serta cocok sebagai sunscreen untuk kulit kering.

 

2. Kamu Tidak Memakai Sunscreen dengan Cukup dan Merata

Perlu diketahui walaupun #BeautyHaulSquad menggunakan sunscreen dengan SPF 50 atau bahkan SPF 100 sekalipun, kamu masih bisa mendapatkan kerusakan akibat sinar matahari loh! Kok bisa??? Iya, jika kamu tidak mengaplikasikannya dengan cukup dan merata. Tidak seperti produk skincare lainnya, kamu membutuhkan lebih banyak sunscreen daripada yang selama ini kamu kira. Dilansir dari American Academy of Dermatology, kita membutuhkan satu gelas penuh sunscreen untuk menutupi seluruh wajah dan tubuh, yaitu sekitar seperempat sendok teh untuk wajah atau sekitar dua jari penuh, dan setengah hingga sepertiga sendok teh untuk wajah serta leher.

 

3. Tidak Menggunakan Sunscreen yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Dengan banyaknya sunscreen yang tersedia saat ini, kamu perlu pintar-pintar memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu. 

 

Jika #BeautyHaulSquad memiliki kulit yang cenderung berminyak atau berjerawat, maka kamu bisa memilih sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, misalnya sunscreen yang memiliki formula mattifying atau lebih ringan. Pilih juga sunscreen non-comedogenic sehingga tidak mudah menimbulkan jerawat. 

 

Lain halnya untuk kamu yang memiliki kulit kering, kamu bisa memilih sunscreen yang bisa melembapkan kulit, dan memberikan tampilan glowing atau glass-skin effect.

 

4. Kamu Tidak Memakainya Rutin Setiap Hari

Tidak peduli apapun jenis kulit, jenis kelamin, atau usia kamu, sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang tidak boleh dilewatkan. Saat kamu malas menggunakan sunscreen sehari-hari, artinya kamu membiarkan kulitmu rusak akibat terus-menerus terpapar sinar UV dari matahari! 

 

Dampaknya, sinar UVA maupun UVB mampu menembus jauh ke dalam kulit dan akan menjadi penyebab munculnya penuaan dini dan kerutan pada kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk rajin memakai sunscreen setiap hari, bahkan ketika hari sedang dingin atau berawan sekalipun. Ini menjadi upaya untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

 

5. Jarang Mengaplikasikan Kembali (Re-apply)

Sama halnya seperti face powder, sunscreen bisa memudar seiring berjalannya hari. Maka dari itu, #BeautyHaulSquad perlu mengaplikasikan kembali (re-apply) agar perlindungan UV tetap efektif. Idealnya, kamu perlu mengaplikasikan lapisan baru setiap dua jam, terutama jika sedang berpergian. Re-apply sunscreen penting dilakukan untuk mengembalikan performa sunscreen yang telah menurun setelah 2 jam pertama pemakaian. Dengan rajin re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali, maka kemungkinan munculnya permasalahan kulit akibat sinar UV pun dapat dihindari. Agar lebih mudah saat re-apply, kamu bisa coba Azarine Hydrasoothe Sunscreen Mist yang berbentuk spray sehingga praktis digunakan untuk re-apply kapan pun dan di mana pun.

 

6. Kamu Tidak Menggunakan Sunscreen di Dalam Ruangan

Siapa bilang kalau berada di dalam ruangan tidak perlu memakai sunscreen? Kamu pasti merasa santai saat  sudah berada di dalam ruangan. Kamu kira artinya tidak perlu repot-repot memakai sunscreen. Padahal, meski berada di rumah, kantor, atau ruangan tertutup, sunscreen merupakan produk skincare wajib yang tetap harus kamu pakai. 

 

Walaupun kulit tidak terpapar secara langsung, tapi sinar UV tetap bisa masuk ke dalam ruangan dari sela-sela kaca, jendela, maupun pintu. UVA dan UVB bisa membawa efek yang buruk bagi kulit. Hal itu karena pancaran sinar UVA dapat menembus masuk ke dalam ruangan melalui kaca, bahkan saat cuaca sedang mendung sekali pun.

 

7. Menggunakan Sunscreen Tubuh pada Wajah

Kesalahan menggunakan sunscreen yang terakhir adalah mengaplikasikan sunscreen tubuh pada wajah. Perlu diketahui bahwa sunscreen tubuh dan sunscreen wajah itu memiliki formula yang berbeda, lho. 

 

Hal tersebut karena permukaan kulit tubuh dan kulit wajah yang sangat berbeda. Umumnya, kulit wajah cenderung lebih sensitif dan rentan iritasi dibandingkan kulit tubuh. Oleh karena itu, masing-masing produk sunscreen diproduksi dengan formula yang sesuai dengan kondisi kulit. Jadi, jangan pernah menggunakan sunscreen tubuh ke wajah, ya.

 

Nah, sekarang #BeautyHaulSquad tahu kan kesalahan apa saja yang mungkin sering kamu lakukan ketika menggunakan sunscreen? Kamu bisa bagikan informasi ini kepada orang-orang terdekat, supaya mereka juga tidak salah kaprah dalam menggunakan sunscreen. Kalau kamu sedang mencari rekomendasi produk skincare terbaik, kamu bisa langsung cek di BeautyHaul.

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping