Mengenal Uji In Vitro dan In Vivo dalam Produk Sunscreen

24 Aug 2023
Mengenal Uji In Vitro dan In Vivo dalam Produk Sunscreen

Setelah maraknya pemberitaan seputar sunscreen dengan SPF palsu yang berawal dari konten dari akun tiktok @cicikoko_review yang kalian bisa cek detailnya di sini, para pengguna sunscreen dijamin menjadi semakin berhati-hati memilih produk sunscreen-nya. Terutama untuk memastikan sunscreen pilihan kita sudah melakukan uji lab efektifitas in vitro dan in vivo.

 

Namun sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan uji in vitro dan in vivo sendiri? Yuk, kita bahas untuk mengetahui perbedaan serta pentingnya uji lab ini pada produk sunscreen yang kita pakai setiap hari.



Kenalan dengan In Vitro dan In Vivo

 

Sebelum produk sunscreen dijual ke pasaran, biasanya akan dilakukan dua tes ini untuk melihat seberapa besar kadar SPF di dalamnya. Hal ini penting agar produk sunscreen tidak beredar dengan klaim SPF yang salah atau menyesatkan kita sebagai konsumennya. Apa bedanya tes In Vitro dan In Vivo?

 

Bedanya In Vitro dan In Vivo

 

In Vitro 

Nama ini datang dari bahasa latin yang artinya ‘in glass’ atau di dalam kaca. Sesuai dengan arti namanya, hasil uji In Vitro ini dilakukan di dalam sebuah laboratorium dengan menggunakan beberapa alat perlengkapan seperti tabung atau wadah berbahan kaca. 

Salah satu cara melakukan uji In Vitro adalah dengan menyinari produk sunscreen yang sudah dioleskan di sebuah tabung / wadah menggunakan sinar matahari palsu. Cara ini dilakukan untuk mengetahui transmisi radiasi sinar matahari jika dihadapkan dengan produk sunscreen tersebut.



In Vivo

Selain uji In Vitro, ada juga tes In Vivo. Yang membedakan tes ini dengan tes In Vitro adalah medianya. Jika In Vitro menggunakan media kaca, tes In Vivo menggunakan makhluk hidup sebagai ‘alat’ untuk uji coba.

Cara melakukan uji In Vivo ini adalah dengan mengaplikasikan produk sunscreen secara langsung seperti di kulit. Cara ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kandungan SPF di dalam produk sunscreen.

 

Kenapa dua tes ini penting dilakukan oleh brand Sunscreen?

Seperti yang kita tahu, kedua tes ini menggunakan media yang berbeda untuk menguji efektivitas produk sunscreen, yang satu menggunakan media benda mati dan yang satu menggunakan elemen makhluk hidup sebagai alat uji coba. Dua tes ini penting untuk dilakukan secara beriringan dan bersamaan, supaya kita mengetahui seberapa besar efek SPF yang dimasukkan ke dalam produk sunscreen jika langsung dikenakan di kulit dan juga bagaimana kerja dari SPF ini jika dihadapkan dengan sinar UV.



Apa saja brand sunscreen yang sudah mengeluarkan hasil tes In Vitro dan In Vivo?

Beberapa brand sunscreen di bawah ini diklaim sudah melakukan tes In Vitro dan In Vivonya secara gamblang melalui sosial media dari masing-masing brand. Ini dia beberapa brand yang sudah melakukan dua uji lab di atas.








Nah, itu dia yang dimaksud dengan in vitro dan in vivo di dalam sunscreen. Dengan mengetahui dua tes ini, kita jadi paham behind the scenes dari proses pembuatan sunscreen. Sebagai konsumen memang penting bagi kita untuk pintar dan super kepo dengan produk sunscreen yang akan kita pakai.




My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping