Berikut Perbedaan SPF 25, 30, dan 50 pada Sunscreen

12 Jul 2022
Berikut Perbedaan SPF 25, 30, dan 50 pada Sunscreen

Ada satu elemen yang selalu ditulis pada kemasan sunscreen, yakni SPF (Sun Protection Factor). Setiap produk sunscreen memiliki SPF yang berbeda. Itulah mengapa banyak orang bertanya-tanya, sebenarnya apa perbedaan SPF 25, 30, dan 50?

Ketiganya merupakan angka SPF yang paling banyak digunakan pada produk sunscreen. Lantas, sebenarnya apa perbedaan SPF 25, 30, dan 50? Berapa SPF terbaik di antara ketiganya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Perbedaan SPF 25, 30, dan 50

Sejatinya, perbedaan SPF 25, 30, dan 50 yang ada di sunscreen berbicara tentang durasi kulit bisa terpapar sinar matahari tanpa mengalami sunburn. Semakin besar angka SPF, maka semakin lama pula kemampuan sunscreen dalam melindungi kulitmu dari sinar matahari. Begitu pula sebaliknya.

Namun, bagaimana dengan kekuatan proteksinya? Apakah semakin besar SPF menandakan proteksi yang diberikan sunscreen tersebut juga semakin kuat?

Cari tahu jawabannya dalam penjelasan berikut.

 

 

1. Sunscreen dengan SPF 25

Kebanyakan orang akan mengalami sunburn dalam 10 menit jika tidak menggunakan sunscreen. Nah, apabila menggunakan sunscreen dengan SPF 25, berarti kulitmu akan terproteksi selama 250 menit (10 x 25). Artinya, setelah 250 menit atau 4 jam 10 menit, kamu perlu reapply sunscreen. 

Perbedaan berikutnya, sunscreen dengan SPF 25 dapat memblokir sekitar 96% radiasi sinar UVB. Meski demikian, bukan berarti kualitas sunscreen SPF 25 rendah. Sunscreen dengan SPF 25 tetap bisa kamu gunakan sehari-hari ketika berada di dalam ruangan.

Salah satu rekomendasi sunblock SPF 25 yang bagus di bawah 100 ribu adalah Skin Aqua UV Mild Milk SPF25 PA++ (Rp58.000/40 gr). Sunscreen ini memberikan perlindungan ganda terhadap sinar UVA dan UVB. Di dalamnya, ada juga kandungan hyaluronic acid dan collagen untuk melembapkan, melembutkan, serta mempertahankan elastisitas kulit.

 

 

2. Sunscreen dengan SPF 30

Selain SPF 25, ada pula sunscreen dengan SPF 30. Dengan rumus yang sama, sunscreen SPF 30 mampu memproteksi kulit selama 300 menit (10 x 30). Berarti, setelah 300 menit atau 5 jam, kamu perlu mengaplikasikan sunscreen lagi.

Adapun perbedaan SPF 25, 30, dan 50 bisa kamu lihat dari persentase proteksinya. Sunscreen dengan SPF 30 mampu memblokir sekitar 97% radiasi sinar UVB, 1% lebih tinggi daripada SPF 25. 

Kandungan SPF ini cocok untuk kamu yang akan keluar ruangan, tetapi tidak terpapar sinar matahari sepanjang waktu. Misalnya, kamu pergi ke kantor. Maka, ketika berjalan kaki, kamu akan terpapar sinar matahari. Selebihnya, kamu akan tetap berada di dalam ruangan kantor.

Rekomendasi sunscreen SPF 30 di bawah 100 ribu adalah Erha Perfect Shield Sunscreen Normal To Dry Skin Spf 30/Pa++ (Rp91.840/30 gr). Sesuai namanya, sunscreen ini cocok untuk kulit normal cenderung kering. Formulanya mudah menyerap sehingga nyaman digunakan sehari-hari.

Kemudian, untuk reapply, kamu bisa memilih Somethinc No Sebum Mineral Blur Translucent Loose Powder SPF30 PA++ (Rp99.000/11 gr). Ya, sunscreen ini berupa bedak tabur sehingga tidak akan menggeser makeup-mu. Sunscreen lokal ini cocok untuk kulit berminyak karena memiliki kemampuan oil control dan pore-blurring effect. Sunscreen ini juga cocok untuk kulit sensitif karena bebas alkohol.

 

 

3. Sunscreen dengan SPF 50

Saat ini, SPF 50 masih menjadi salah satu kandungan SPF sunscreen tertinggi di Indonesia. Sunscreen SPF 50 akan memproteksi kulitmu selama 500 menit (10 x 50). Artinya, setelah 500 menit atau 8 jam 20 menit, kamu perlu mengaplikasikan sunscreen kembali.

Sunscreen dengan SPF 50 bisa memblokir sekitar98% radiasi sinar UVB. Lagi-lagi, persentase ini hanya naik 1% dari persentase SPF 30.

Nah, jika #BeautyHaulSquad ingin beraktivitas seharian di luar ruangan, sunscreen SPF 50 menjadi pilihan yang tepat untukmu. SPF ini memiliki durasi dan kemampuan proteksi yang lebih tinggi dari kandungan SPF sebelumnya.

Azarine Hydramax-C Sunscreen Serum (Rp64.000/40 ml) merupakan salah satu sunblock yang bagus dengan SPF 50. Sunscreen Azarine bertekstur gel ini bisa melembapkan sekaligus melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari, bluelight, dan polusi.

Kemudian, jika ingin reapply, kamu bisa menggunakan Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick SPF 50 PA+++ (Rp93.500/22 gr). Sunscreen untuk kulit berminyak ini berbentuk stick yang praktis digunakan. Formulasi Broad Spectrum Protection-nya membuat sunscreen ini bekerja 50x lebih optimal dalam menjaga kulit dari sinar UVA, UVB, dan bluelight.

 

 

Jadi, itulah perbedaan SPF 25, 30, dan 50 pada sunscreen. Pilihlah sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamananmu.

Nah, kamu bisa menemukan beragam sunscreen terbaik di BeautyHaul! Jangan lupa manfaatkan promo skincare yang ditawarkan juga, ya, seperti Diskon, Cashback, dan Gratis Ongkir!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping