Sekilas Mirip, Ini Beberapa Perbedaan Milia dan Bruntusan

20 Apr 2021
Perbedaan Milia dan Bruntusan

 

Ngobrolin soal permasalahan kulit wajah, tentu ada banyak yang bisa dibahas. Mulai dari jerawat, komedo, milia, bruntusan dan lain sebagainya.

 

Di antara itu semua, seringkali orang salah mengira antara milia dengan bruntusan. Lantas apa saja perbedaan milia dan bruntusan? Bagaimana mengatasinya?

 

Apa itu Bruntusan?

Bruntusan merupakan sebuah kondisi yang menggambarkan keadaan kulit di mana permukaannya akan terasa kasar serta tidak rata karena adanya benjolan-benjolan kecil (bintil).

 

Jadi apabila muncul bintil-bintil kecil yang umumnya menyebar di area pipi atau dahi, maka hal itu bisa disebut dengan bruntusan. Selain di area pipi atau dahi, bruntusan ini juga bisa menyebar di kulit bagian tubuh mana saja.

 

Di mana kondisi tersebut dapat muncul dengan 1 atau 2 titik saja, namun juga bisa muncul berkelompok di area tertentu. Penyebab dari bruntusan di wajah dapat disebabkan banyak hal.

 

Jika merujuk salah satu portal kesehatan, penyebab utama dari permasalahan kulit satu ini adalah karena pori-pori kulit yang tersumbat kemudian membuat bintil kecil meradang.

 

Bruntusan sendiri mempunyai nama medis folikulitis malassezia yang hal ini bisa terbentuk karena suburnya pertumbuhan jamur malassezia. Di mana jamur tersebut memang hidup di kulit manusia.

 

Biasanya yang memicu pertumbuhan jamur tersebut yaitu kulit berminyak, stress dan kelelahan, berada di lingkungan panas, lembab serta sering berkeringat.

 

Cara Menghilangkan Bruntusan

Meski bruntusan sendiri sebenarnya tidak berbahaya. Namun keberadaannya tentu bisa mengurangi rasa percaya diri. Berikut beberapa cara menghilangkan bruntus di wajah yang telah #BHInsiders rangkum.

 

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses untuk menghilangkan sel kulit mati, Hal ini bisa menjadi salah satu langkah untuk membantu menghilangkan bruntusan.

 

Namun eksfoliasi hanya boleh dilakukan setidaknya sekali dalam sepekan saja. Semakin sering #BeautyHaulSquad melakukannya bisa membuat kulit menjadi tipis. Dalam praktiknya, gunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit anda.

 

2. Rutin Membersihkan Wajah

Rutin membersihkan wajah nyatanya menjadi salah satu langkah tepat untuk menghilangkan berbagai permasalahan kulit, termasuk juga bruntusan.

 

Setidaknya bersihkan wajah minimal 2 kali sehari. Bahkan dianjurkan pula untuk menerapkan double cleansing atau triple cleansing sekalian jika perlu.

 

3. Gunakan Tabir Surya

Selalu gunakan tabir surya saat kamu beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Penggunaan tabir surya ini bahkan tidak hanya efektif untuk mencegah bruntusan makin parah, namun juga bisa menghalau berbagai efek buruk lainnya dari paparan sinar UV berlebih.

 

Baca Juga: Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Skin Care

 

Apa itu Milia?

Setelah mengenal ciri-ciri dan cara mengatasi bruntusan, kali ini #BHInsiders akan memberikan penjelasan singkat mengenai milia, cara mencegah dan penyebabnya.

 

Dikutip dari Beauty Journal, milia merupakan masalah kulit yang bentuknya bintik-bintik putih. Di mana kondisi ini disebabkan karena terperangkapnya protein di bawah lapisan kulit.

 

Biasanya milia lebih banyak dialami oleh bayi yang baru lahir, dan sering kali terjadi di bagian kulit yang tipis dan halus seperti daerah mata.

 

Dilansir dari alodokter, milia ini terdapat beberapa jenis yaitu neonatal milia, primary milia, secondary milia, milia en plaque dan multiple eruptive milia.

 

Neonatal milia adalah milia yang paling umum dan sering terjadi pada bayi baru lahir. Lalu Primary milia biasanya muncul pada anak anak maupun dewasa.

 

Sementara secondary milia biasa muncul di kulit yang cedera, milia en plaque yang diameternya bisa mencapai beberapa cm serta multiple eruptive milia yang muncul bergerombol dalam waktu cukup lama.

 

Cara Mencegah dan Menghilangkan Milia

Seperti yang telah disinggung sebelumnya pada cara menghilangkan bruntusan, perbedaan milia dan bruntusan ini juga terletak pada cara menghilangkannya.

 

Namun daripada menghilangkannya, lebih baik kamu mencegah sebelum permasalahan kulit satu ini hadir. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik ketimbang mengobati.

 

Di mana mencegah milia sendiri sebenarnya tidak begitu sulit dan mirip dengan cara menghilangkan bruntusan. Kamu hanya perlu memastikan kulit wajah selalu dalam keadaan bersih.

 

Jangan biarkan kotoran menumpuk karena akan menyumbat pori-pori. Pada umumnya, milia akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu adanya perawatan rutin.

 

Baca Juga: 4 Alasan Kamu Harus Coba Avoskin Miraculous Retinol Toner Versi 20mL

 

Tetapi jika kamu merasa kehadiran dari milia tersebut sudah cukup mengganggu dan membuatmu tidak percaya diri, maka tidak ada salahnya jika #BeautyHaulSquad menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan retinol seperti misalnya Somethinc retinol.

 

Pasalnya kandungan retinol ini akan membantu merangsang pergantian sel kulit serta meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Munculnya lapisan kulit baru yang bersih ini sekaligus mempercepat hilangnya milia.

 

Sementara untuk milia yang membandel, #BeautyHaulSquad bisa pergi ke dokter kulit guna mengetahui cara paling efektif menghilangkannya. Dokter juga bisa memberikan tindakan profesional untuk membantu menghilangkan milia.

 

Meski sering dianggap sama, namun milia dan bruntusan sejatinya memang dua kondisi yang berbeda. Kendati demikian, baik milia maupun bruntusan merupakan permasalahan kulit yang bisa mengganggu meski tidak berbahaya.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
HEALTH
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
BODY FRAGRANCE
Back
HAIR FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
VITAMIN & MULTIVITAMIN
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping