Tidak Sama! Berikut Perbedaan Micellar Water dan Toner yang Harus Diketahui

31 Dec 2021
apa perbedaan micellar water dan toner

Saat ini, dunia skincare sedang berkembang pesat yang semakin memudahkan banyak wanita untuk memiliki kulit yang sehat. Belum lagi adanya trend trend, Seperti anjuran untuk melakukan double cleansing yang membuat produk pembersih semakin beragam seperti micellar water dan toner. 

 

Keduanya terlihat mirip, tapi tidak sama. Lalu, apa bedanya? Yuk, kita cari tahu perbedaan micellar water dan toner.

 

 

1. Bahan Dasar yang Digunakan

Jika melihat tampilannya, kedua produk skincare ini sama sama berbentuk cair. Micellar water sendiri merupakan percampuran air juga minyak yang diformulasikan untuk mengangkat sisa make up juga kotoran yang menempel pada wajah.

 

Dalam micellar water kandungan minyaknya relatif kecil. Menggunakan micellar akan membuat wajah bersih tetapi tetap terhidrasi. Untuk kulit kering akan membuatnya lebih lembap, tetapi untuk jenis kulit berminyak akan mengangkat minyak berlebih. 

 

Manfaat micellar yang lainnya adalah mampu untuk mengangkat kotoran pada wajah dan tentunya mampu membersihkan make up. Sementara, toner terbuat dari bahan air yang ditambahkan dengan bahan aktif lainnya, seperti kandungan antioksidan, bahan aktif gliserin, dll.

 

Di mana bahan-bahan tersebut akan membantu untuk menjaga pH kulit, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori dan juga menghidrasi kulit. 

 

Keduanya memang diciptakan untuk membantu membersihkan wajah, tetapi bahan yang digunakan berbeda. Kandungan pada toner juga mampu membuat kulit lebih halus serta menghilangkan minyak berlebih.

 

Baca juga: Masih Belum Tahu Apa Perbedaan Toner dan Essence? Yuk, Cari Tahu di Sini

 

 

2. Toner Tidak untuk Membersihkan Make Up

Perlu dipahami bahwa toner tidak difungsikan untuk membersihkan noda yang berat. Sementara, micellar water bisa membersihkan make up tebal sekalipun. Mengingat di dalam kandungannya terdapat minyak. 

 

Dengan mengetahui perbedaan micellar water dan toner ini bisa membantu #BeautyHaulSquad memilih produk yang tepat. Toner umumnya akan membantu membersihkan dari dalam. Apalagi kandungan bahannya juga hanya berupa air dan tidak ada campuran minyak.  

 

 

3. Urutan Penggunaannya

Selain dari bahan, #BeautyHaulSquad juga bisa melihat perbedaan dari urutan pemakaiannya. Setelah seharian beraktivitas atau menggunakan make up, wajah harus dibersihkan lebih dahulu. 

 

Micellar water bisa langsung dituangkan pada kapas untuk membersihkan make up. Barulah nanti bisa mencuci muka seperti biasanya. 

 

Toner digunakan setelah mencuci muka dan setelah kamu mengeringkannya. Karena akan lebih efektif diaplikasikan ketika wajah sudah kering dan bersih. Sehingga kotoran yang tersisa atau yang tertinggal bisa sekalian diangkat. Kandungan dari toner juga bisa menutrisi kulit wajah. 

 

Toner memiliki dua jenis yakni exfoliating toner dan hydrating toner. Jika ingin mengangkat sel kulit mati, gunakan exfoliating toner dan untuk hidrasi kulit gunakan hydrating toner. 

 

Baca juga: 8 Rangkaian Urutan Pemakaian Skincare yang Benar di Malam Hari

 

 

Lalu, Mana yang Lebih Baik? Micellar Water atau Toner?

Jika ditanya mana yang lebih baik, hal itu kembali lagi pada jenis kulit masing-masing orang. Keduanya merupakan produk yang baik untuk membantu merawat wajah.

 

Masing-masing kulit memang akan memiliki ketahanan tersendiri pada skincare. Penting bagi #BeautyHaulSquad untuk memperhatikan kandungan dalam micellar water dan toner. 

 

Tak jarang ada yang mengeluhkan mengalami bruntusan setelah menggunakan micellar water ataupun mengalami iritasi kulit setelah menggunakan toner.  

 

Untuk itu, pastikan bahwa kondisi kulit memang cocok dengan skincare yang akan digunakan. Ada beberapa ciri yang bisa diketahui saat skincare tidak cocok di kulit.

 

 

Jangan lupa untuk membaca tiap kandungannya karena setiap produk ada yang dikhususkan untuk kulit sensitif, berminyak ataupun kulit normal. 

 

Pastikan juga cara penggunaannya sudah tepat, karena pemakaian yang salah juga membuat kulit bermasalah. Untuk toner memakainya jangan digosok, melainkan ditepuk agar bisa meresap sempurna.

 

Toner juga ada baiknya minim akan kandungan alkohol dan diaplikasikan pada wajah bersih. Penggunaan micellar water sebaiknya tidak terlalu sering agar wajah tidak lagi bruntusan.

 

 

Bila masih ragu, #BeautyHaulSquad bisa mencoba melakukan skin patch test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kulit bereaksi terhadap kandungan micellar water dan toner yang digunakan atau tidak.

 

Micellar water dan toner bisa menjadi satu rangkaian yang bisa membantu menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Setelah mengetahui perbedaan micellar water dan toner ini, diharapkan bisa membantu banyak orang untuk bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping