Beauty In One Click

Waspada! 7 Ciri Ini Menandakan Wajah Kekurangan Kolagen

11 Jan 2022
ciri wajah kekurangan kolagen

Pertambahan usia dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit tubuh dan wajah. Hal ini bisa memengaruhi kondisi penampilan yang terlihat menua dan tekstur kulit tidak lagi kenyal. 

 

Dilansir dari situs The National Center for Biotechnology Information, setiap tahunnya tubuh seseorang akan mengalami penurunan asupan kolagen yang bisa menghambat pertumbuhan sel kulit baru. 

 

Bagi yang belum tahu, berikut ini ciri-ciri wajah yang kekurangan asupan kolagen yang perlu diperhatikan.

 

 

1. Munculnya Garis Halus di Wajah

Tak hanya pada wajah, kolagen merupakan jaringan protein tak larut yang tersebar dalam tubuh. Garis-garis ini bahkan menjadi semakin menebal jika kolagen yang terdapat dalam kulit semakin berkurang.

 

Karena pengurangan kolagen disebabkan oleh faktor usia, kondisi ini menjadi penyebab utama munculnya garis halus pada kulit wajah. Lebih dari itu, paparan sinar matahari langsung dan gaya hidup tidak sehat juga dapat mempengaruhi masalah ini.

 

Garis halus bahkan dapat menjadi pertanda apabila kalian mengalami masalah penuaan dini pada usia yang masih tergolong muda.  

 

 

2. Adanya Bintik Hitam

Ciri wajah kekurangan kolagen berikutnya adalah munculnya bintik hitam di area kulit wajah. Bintik hitam juga ditandai dengan flek berwarna coklat yang biasa dikenal dengan sun spot. 

 

Lazimnya, kerusakan protein kulit berupa kolagen yang menyebabkan masalah ini dapat terjadi karena paparan sinar matahari yang berlangsung lama. 

 

Namun, hormon dan gaya hidup juga dapat memengaruhi kondisi kolagen hingga menimbulkan masalah flek atau bintik hitam yang terdapat pada kulit wajah.

 

 

3. Kulit Terasa Kurang Elastis

Kolagen berperan penting untuk menjaga kelembapan sekaligus menutrisi kulit wajah, sehingga kulit wajah akan tampak lebih lembap dan kenyal.

 

Bila kekurangan kolagen, tekstur kulit akan kehilangan elastisitasnya, sehingga kulit akan lebih tipis dan lebih cepat kering. Untuk itu diperlukan cara yang tepat untuk bisa meratakan tekstur kulit wajah.

 

 

4. Muncul Selulit

Hal lain yang cukup tidak menyenangkan apabila kulit wajah kekurangan kolagen adalah keberadaan selulit. Masalah ini dapat ditandai dengan bentuk kulit yang cenderung keriput. Bahkan, selulit tampak lebih tidak menyenangkan karena terlihat lebih jelas.

 

Kemunculan selulit yang muncul pada kulit ini disebabkan oleh kurangnya kolagen yang biasanya membentuk jaringan ikat. Penurunan protein ini bahkan tergantikan dengan jaringan lemak atau selulit, sehingga akan muncul keriput di wajah.

 

Baca juga: 12 Macam Masalah Kulit Wajah yang Paling Sering Dialami

 

 

5. Wajah Terlihat Kusam

Wajah yang kekurangan kolagen bisa dengan mudah dikenali dari ciri-cirinya yaitu terlihat lebih kusam daripada biasanya. Pada kondisi ini, protein ini dapat membantu menjaga lapisan kulit dengan baik karena keberadaan kandungan asam amino dan protein di dalamnya. 

 

Kondisi wajah yang kusam juga dapat memengaruhi penampilan, sehingga bisa membuat wajah terlihat lebih gelap dan tidak segar. 

 

Kondisi ini bahkan dapat diperparah dengan kemunculan jerawat di area wajah, baik pipi, dagu maupun dahi.  Untuk mengatasinya, bisa melakukan eksfoliasi untuk kulit kusam.

 

 

6. Kulit Menjadi Rapuh

Jika mengalami pengurangan kolagen yang cukup banyak, kulit wajah juga dapat menjadi rapuh karena kurangnya produksi minyak alami. 

 

Fungsi protein yang biasanya dapat mengatasi bekas luka goresan, jerawat, iritasi hingga pembentukan jaringan kulit sehat baru akan menurun dan bahkan hilang.

 

Kulit juga akan menjadi kering dan kasar jika dipegang menggunakan tangan. Bahkan, masalah pendarahan yang terjadi di bawah kulit bisa menyebabkan memar hingga benjolan merah pada kulit. Terlebih lagi masalah ini dapat memengaruhi kondisi zat gizi darah yang kaya akan oksigen.

 

Baca juga: Ingin Terlihat Awet Muda, 12 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Ini Bisa Dicoba

 

 

7. Lingkaran Gelap di Bawah Mata Terlihat Jelas

Selain itu, munculnya mata panda juga bisa menandakan bahwa kulit membutuhkan lebih banyak kolagen. Kondisi ini dapat terjadi karena kondisi kulit di area mata sangat sensitif jika dibandingkan dengan area kulit wajah lainnya. Untuk menghilangkannya, coba gunakan 5 Rekomendasi Eye Cream yang Ampuh Hilangkan Mata Panda.

 

Untuk itu, sangat disarankan untuk menjaga pola hidup yang baik untuk mencegah terjadinya masalah ini. Berkurangnya kolagen atau protein tak larut secara bertahap memang tidak bisa dipungkiri. Meski demikian, kalian bisa mencegah pengurangan protein ini yang dapat menyebabkan masalah kulit wajah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. 

 

 

Jangan lupa menggunakan produk dengan kandungan kolagen dari yang bisa dibeli secara langsung melalui situs Beautyhaul.com, seperti: 

  • AVOSKIN YOUR SKIN BAE SERIES Marine Collagen 10% + Ginseng Root

  • VOTRE PEAU Skin Booster Collagen Night Cream

  • HANASUI Serum Vit.C + Collagen

  • dll

 

 

Yuk, mulai jaga kesehatan kulitmu dari sekarang!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorials
Back
Skin Type
Back
Skin Concern
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
HEALTH
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
FACIAL
Back
MAKEUP TOOLS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
ORGANIZERS
Back
FRAGRANCE
Back
Vitamin & Multivitamin
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping